PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI (STUDI PRAKTIK PROFESI KEGURUAN TERPADU (P2KT) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM SYEKH-YUSUF TANGERANG DI SMK AL-GINA PAKUHAJI KABUPATEN TANGERANG)

Authors

  • Dila Rosdiana Sofya Fakultas Agama Islam Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang

Keywords:

Belajar Online, Peserta Didik, Praktik Profesi Keguruan Terpadu (P2KT).

Abstract

Kegiatan belajar mengajar di sekolah menjadi aktifitas transfer of knowledge yang memberi kontribusi positif bagi penyaluran pengetahuan dan pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia yang lebih baik. Pandemic Corona Virues Diseas 19 (COVID-19) merubah rutinitas proses belajar mengajar secara tatap muka menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Bagi masyarakat perkotaan dengan fasilitas jaringan, perangkat teknologi informasi yang mendukung, kesulitan aksesbilitas menjadi hal yang dapat diminimalisir, tidak demikian dengan aktifitas belajar PJJ yang dilaksanakan di SMK Al-Gina Pakuhaji Kabupaten Tangerang yang merupakan wilayah penyangga ibu kota dan tidak terlalu dengan pusat kota masih ditemukan adanya kesulitan akses hingga fasilitas kuota jaringan yang dimiliki oleh peserta didik dalam pelaksanaan PJJ. Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang melakukan Praktik Profesi Keguruan Terpadu (P2KT) dengan SMK Al-Gina Pakuhaji Kabupaten Tangerang sebagai lokasi pelaskanaan. Pada pelaksanaan P2KT kami menemukan beberapa persoalan seperti: pembelajaran yang dilakukan menggunakan WhatsApp Group (WAG) hanya sepihak, kesulitan belajar siswa melalui Whats App Group, dan kesulitan guru dalam mengevaluasi kegiatan belajar mengajar, dan akes internet serta kepemilikan kouta yang tidak merata.

  

Downloads

Published

2021-11-30