PENGARUH LATAR BELAKANG EKONOMI KELUARGA SISWA TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR (STUDI PRAKTIK PROFESI KEGURUAN TERPADU DI MTS AL HIDAYAH SANGIANG KOTA TANGERANG)

  • Ina Herlina Fakultas Agama Islam Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang
Keywords: Kata Kunci : Dampak Covid-19, latar belakang ekonomi, pembelajaran jarak jauh.

Abstract

Merebaknya Covid-19 yang sudah genap setahun berdampak kepada semua sektor kehidupan, baik ekonomi, sosial, politik dan tidak terkecuali pendidikan. Pemerintah pusat maupun daerah melakukan penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat)  sebagai antisipasi penyebaran Covid-19. Mts Al Hidayah yang terletak dijantung Kota Tangerang pun tidak ketinggalan melaksanakan himbauan pemerintah ini untuk membatasi aktifitas peserta didik dengan belajar dari rumah. Namun banyak kendala yang dihadapi oleh Mts Al Hidayah dalam mencapai tujuan pembelajaran selama pandemi ini. Banyak sekali peserta didik yang tidak mengerjakan tugas maupun tidak hadir dalam absensi kelas online. Salah satu faktor yang paling berpengaruh adalah latar belakang ekonomi orang tua siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana dampak pandemi Covid-19 terhadap proses pembelajaran bagi guru, peserta didik dan orang tua serta kendala yang dihadapi guru dalam melakukan pengajaran,  yang difokuskan kepada latar belakang ekonomi orang tua siswa yang dapat mempengaruhi kegiatan belajar mengajar siswa Mts Al Hidayah Sangiang Kota Tangerang. Berdasarkan pada tujuan penelitian, jenis penelitian ini merupakan penelitian eksploratif, maka cara yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research), yaitu dengan tinjauan lapangan demi memperoleh data yang valid agar kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan portofolio. Hasil penelitian ini menunjukkan perkembangan yang signifikan kepada respon siswa yang mau mengerjakan tugas. 

Published
2021-11-30