SOSIALISASI EMPAT PILAR KEBANGSAAN HUMAS MPR RI MELALUI KEGIATAN SOSIAL BUDAYA

Authors

  • Rialdo RM.L. Toruan
  • Radja Erland Hamzah
  • Aida Permata Sari

DOI:

https://doi.org/10.33592/dk.v7i2.355

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sosialisasi empat pilar kebangsaan oleh Humas MPR RI melalui sosial budaya. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Hubungan Masyarakat dan Model Four Steps Cultip, Center & Broom. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang dilakukan untuk memperoleh data ialah wawancara dan observasi. Paradigma penelitian ini menggunakan konstruktivisme dan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Humas MPR RI dalam melaksanakan sosialisasi empat pilar kebangsaan dengan mengemas unsur-unsur dan nilai melalui seni budaya yang disesuaikan dengan kondisi lokal sehingga mampu mengangkat kearifan lokal dan warisan para leluhur yang sejalan dengan falsafah hidup bangsa Indonesia.

References

Cangara, Hafied. 2017. Perencanaan & Strategi Komunikasi. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cutlip, Scoot M., Allen H. Center, dan Glen M. Broom. 2011. Effective Public Relations, Edisi Kesembilan. Jakarta: Kencana.

Jefkins, Frank & Daniel Yadin. 2003. Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Hasan, Erlina. 2005. Komunikasi Pemerintahan. Bandung: Rafika Aditama

Lawang, Robert. 2004. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Modul Universitas Terbuka.

Moleong, J. Lexy, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Morissan. 2006. Manajemen Public Relations. Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Mulyana, Deddy. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan Kedelapan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ranjabar, Jacobus. 2006. Sistem Sosial Budaya Indonesia Suatu Pengantar. Bandung: Ghalia Indonesia.

Ruslan, Rosady. 2008. Manajemen Public Relatoins & Media Komunikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Salim, Agus. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara wacana.

Iriantara, Yosal. 2006. Public Relations Writing. Pendekatan Teoritis dan Praktis. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Rezeky, Rialdo dan Saefullah, Muhammad. Strategi Humas Partai Gerindra dalam Membangun Citra Partai pada Pemilu 2014. Journal of Communication (Nyimak), Vol. 1, No. 1, Juni 2017.

Downloads

Published

2020-01-21