REPRESENTASI CITRA POLITISI PEREMPUAN DI PARLEMEN (ANALISIS FRAMING DALAM PEMBERITAAN VOAINDONESIA.COM DAN MEDIAINDONESIA.COM)

Authors

  • Endang Tri Santi Universitas Islam Syekh Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/dk.v7i2.357

Abstract

Representasi perempuan di panggung politik masih menjadi isu menarik dengan berbagai polemik. Kebijakan yang harus sesuai dengan cita-cita pengarusutamaan gender, kekerasan terhadap perempuan, diskriminasi dan sebagainya menjadi konsen pemerintah dengan mengeluarkan kebijakan 30% kuota perempuan untuk duduk di kursi Parlemen. Dari permasalahan tersebut, peran politisi perempuan di Parlemen yang harusnya terlihat, sehingga dapat ditelaah bagaimana sesungguhnya representasi politisi perempuan di parlemen. Melalui berbagai pemberitaan yang muncul juga dapat kita lihat apakah kemudian media masih bias gender dalam memberitakan politisi perempuan, karena sangat mempengaruhi opini yang berkembang di masyarakat, sehingga citra politisi perempuan di Parlemen dapat terukur positif atau negatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis framing dari Robert N. Entman di mana dalam penguraiannya menggunakan teori gender dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana representasi citra politisi perempuan di Parlemen pada pemberitaan di Voaindonesia.com dan Mediaindonesia.com. Hasil penelitian menunjukkan representasi citra politisi perempuan di Parlemen masih kurang adanya kepercayaan dari masyarakat yang disebabkan adanya ketimpangan gender, kurangnya akses, dianggap kurang konsisten, kurang pengalaman dan minim strategi. Oleh karenanya rekomendasi yang diajukan perempuan harus diberikan akses untuk mendapatkan pendidikan dan pengalaman politik untuk mengembalikan citra positif atau kepercayaan masyarakat terhadap kinerja perempuan di Parlemen. Selanjutnya peneliti berharap semoga jurnal ini dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan keilmuan dan menjadi gambaran pihak-pihak terkait dalam upaya membangun iklim politik yang memiliki kesetaraan gender.

Author Biography

Endang Tri Santi, Universitas Islam Syekh Yusuf

Program studi ilmu komunikasi FISIP

References

Anugrah, Astrik. (2009). Keterwakilan Perempuan dalam Politik. Jakarta: Pancuran Alam

Cangara, Hafied. (2016). Edisi Revisi Komunikasi Politik (Konsep, Teori, dan Strategi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Eriyanto. (2002). Analisis Framing, Konstruksi Ideologi dan Politi Media. Yogyakarta: LkiS

Rasyidin & Aruni, Fidhia. (2016). Gender dan Politik (Keterwakilan Wanita dalam Politik). Sulawesi:UNIMALPRESS

Subiakto, Henry & Ida, Rachmah. (2012). Komunikasi Politik, Media, & Demokrasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Yunita, Yennita & Fardiah, Dedeh. (2017). Citra Caleg Perempuan dalam “Framing†Media “onlineâ€. Mediator, Vol 10, 75-86

Downloads

Published

2020-01-21