PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. ANGKASA PURA II (PERSERO) DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA PROGRAM KEPEDULIAN SOSIAL 2019)

Authors

  • Lina Wati
  • Ananda Suci Faradita

DOI:

https://doi.org/10.33592/dk.v7i1.582

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui program corporate social responsibility PT Angkasa Pura II (Persero) dalam meningkatkan citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan realitas yang dikaji. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi terjun langsung kelapangan, dan dokumentasi. Narasumber penelitian ini adalah corporate social responsibility PT Angkasa Pura II (Persero), warga desa neglasari, dan pelajar SMPN 2 Kota Tangerang. Penelitian ini mengambarkan PT Angkasa Pura II (Persero) meningkatkan citra perusahaan melalui melalui program  CSR “Kepedulian Sosial†dengan memberi bantuan pengobatan gratis kepada warga desa Neglasari dan pelajar SMPN 2 Kota Tangerang yang dilaksanakan di Kecamatan Neglasari upaya sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat yang telah ditetapakan dalam UU No 40 Tahun 2007 dan Iso 26000 yang berisikan tiga poin dan salah satunya adalah tanggung jawab perusahaan kepada lingkungan sosial masyarakat. Hasil penelitian ini menyimpulkan beberapa hal, yaitu: 1) PT Angkasa Pura II (Persero) menjalankan CSR sesuai UU no 40 tahun 2007 dapat mensejahterakan masyarakat melalui program sosial, 2) Pelaksanaan program CSR yang diterapkan yaitu program sosial dengan memberikan bantuan pengobatan gratis kepada warga desa dan pelajar yang melibatkan pihak internal perusahaan agar terjalin hubungan baik, 3) Program CSR PT Angkasa Pura II (Persero) pemberian bantuan sosial pengobatan gratis mendapatkan nilai yang positif dari masyarakat, dan pelajar di sekitar lingkungan perusahaan.

Downloads

Published

2020-05-31