PERUBAHAN LAFADZ TASTATHI’ & TASTHI’ QS. AL-KAHFI PADA CERITA MUSA DAN KHIDR KAJIAN EMPIRISM

Authors

  • Nana Meily Nurdiansyah Institut Daarul Quran dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Hudriyah Hudriyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Robi’atul Hadawiyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.33592/islamika.v14i2.1030

Keywords:

Al-qur’an Surah Kahfi, Empirisme, kata tastathi’ & tasthi’

Abstract

artikel ini berfokus pada konsepsi empirisme dari beberapa tokoh yang menyatakan bahwa sumber pengetahuan adalah pengalaman (inderawi/pengamatan). Menurut Robinson Dave dalam buku Filsafat Ilmu Klasik hingga Kontemporer bahwa empirisisme menyatakan baik geometri maupun logika takkan memberi tahu Anda sesuatu mengenai dunia nyata. Tidak ada cara ajaib untuk melampaui batas apa yang bisa kita lihat, dengar, rasakan, cium, dan sentuh. Jadi menurut pandangan kaum empiris, akal tidak bisa memberi kita pengetahuan tentang realitas tanpa adanya pengalaman inderawi. Adapun kajian dari teori ini adalah tentang kisah nabi Musa di mana nabi Khidir memberikan beberapa pengetahuan untuk diamati sebagai pengalaman yang dialami oleh anak Imran ini.

Author Biography

Nana Meily Nurdiansyah, Institut Daarul Quran dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Dosen Tetap Institut Daarul Quran Dosen Tidak Tetap UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Penanggung Jawab LPPM IDAQU

 

References

Barus, Zulfadli. 2013. Analisis Filosofis Tentang Peta Konseptual Penelitian Hukum Normatif dan Penelitian Hukum Sosiologis Volume 13, Dinamika Hukum.

Hamersma, Harry. 1990. Tokoh-tokoh Filsafat Modern, Cet. IV, Jakarta: Gramedia.

Jujun S., Suriasumantri. 1998. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Lavin, 2002. Petualangan Filsafat dari Sokrates ke Sartre (Terjemahan), Yogyakarta: Jendela.

Machmud, Tedy. 2011. Rasionalisme Dan Empirisme: Kontribusi Dan Dampaknya Pada Perkembangan Filsafat Matematika Volume 8, Jurnal Inovasi.

Nurdiansyah, N. M. (2020). MULTICULTURALISM BASED MODERN PESANTREN MANAGEMENT (CASE STUDY AT SUBULUSSALAM MODERN PESANTREN). Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 3(02), 276-295

Nurdiansyah, N. M. (2020). REVITALISASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK: PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK. Journal of Islamic Education Guidance and Counselling, 1(1).

Nurdiansyah, N. M. Budaya Sekolah dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik (Studi di SMK Negeri 4 Tangerang) (Master's thesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan).

Robinson, Dave & Bill Mayblin. 2004. Introducing Empirism, Iook UK: Totem Books USA.

Saifuddin Anshari, Endang. 1987. Ilmu, Filsafat dan Agama, Surabaya: PT. Bina Ilmu.

Thaha, Dr. Usman. 2019. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Tangerang Selatan: Forum Pelayanan Al-Qur’an (Yayasan Pelayanan Al-Qur’an Mulia).

Yusuf Lubis, Akhyar. 2015. Filsafat Ilmu Klasik Hingga Kontemporer, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2021-01-16