STRATEGI PENGEMBANGAN ITELLIGENCE QUOTIENT ANAK DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Ainul Azhari Fakultas Agama Islam Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang
  • Neni Nuraeni
  • Nur Alifathul Hikmah

Abstract

Intelligence Quotient atau IQ merupakan suatu indikator untuk mengukur kecerdasan seseorang. Kecerdasan yang dimaksud, yaitu kecerdasan yang terbentuk atas proses pembelajaran dan pengalaman hidup. IQ menggambarkan kemampuan seseorang dalam berpikir, mengingat, memahami, mengevaluasi, mengolah, menguasai lingkungan, dan bertindak secara terarah. Pendidikan pada masa kanak- kanak memegang peran penting dan sangat esensial memberikan pengaruh yang sangat dalam, yang mendasari proses pendidikan dan perkembangan anak selanjutnya. Pada usia lima tahun pertama masa kanak-kanak penuh dengan kejadian penting dan unik (a highly eventfull and unique period of life) yang meletakkan dasar bagi kehidupan seseorang di masa dewasa. Pendidikan Islam adalah proses bimbingan kepada manusia yang mencakup jasmani dan rohani yang berdasarkan pada ajaran dan dogma agama (Islam) agar terbentuk kepribadian yang utama menurut aturan Islam dalam kehidupannya sehingga kelak memperoleh kebahagiaan di akhirat nanti. Oleh karena itu, diperlukan penerapan pendidikan secara Qur’ani untuk mengembangkan kecerdasan anak usia dini secara intelektual (IQ). Pengembangan kecerdasan tersebut diharapkan mampu memberikan bekal anak dalam menempuh tugas perkembangan di usia selanjutnya serta memberikan dasar yang penting dalam mempersiapkan anak menjadi pribadi yang utuh, berakidah mantap, berakhlak mulia, berkemampuan akademis tinggi, serta berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara. Metode yang digunakan adalah analisis pustaka dari beberapa referensi dan data yang ada di lingkungan sekitar.

Published

2022-12-30