PERAN KELUARGA DALAM PENDIDIKAN MITIGASI PANDEMI COVID 19 PERSFEKTIF AL-QURAN DAN HADITS

  • Septian Arief Budiman Universitas Pamulang
Keywords: Peran Keluarga, Pendidikan Mitigasi.

Abstract

Pandemi COVID 19 telah banyak merubah sistem kehidupan manusia dari berbagai aspek termasuk aspek pendidikan dan sosial, sebagai organisasi terkecil di lingkungan sosial keluarga memiliki peran penting dalam aspek pendidikan mitigasi pandemi COVID 19 dan saling menguatkan dalam menghadapi pandemi, hal yang terjadi berbanding terbalik dengan teori kasus perceraian dan kehancuran keluarga meningkat pada setiap kota dan kabupaten di Indonesia.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji teori para tokoh dan praktek lapangan lalu dihubungkan dengan pandangan Al-Quran dan Hadits dalam mengatasi fenomena tersebut, juga untuk mencari dalil naqli tentang peran keluarga dalam pendidikan mitigasi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada dua metode yaitu metode penelitian dengan pendekatan kualitatif pustaka (book Research) dan metodologi tafsir dengan menggunakan metode maudhu`i dengan mencari penjelasan Al-Quran dalam menjawab setiap tema yang dituju.

Adapun hasil dari penelitian ini ialah penjelasan secara terperinci Al-Quran dan Hadits tentang peran keluarga dan pendidikan mitigasi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat muslim sebagai panduan kehidupan di masa pandemi COVID 19.

Author Biography

Septian Arief Budiman, Universitas Pamulang
Dosen Pendidikan Agama Islam Fakultas Ekonomi Di Universitas Pamulang

References

Buku
-------. (2008). Himpunan Peruandang-undangan RI Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS): UU RI No.20 Tahun 2003 Beserta Penjelasannya. Bandung: Nuansa Aulia. Cet. I.
Baron, R. A & Donn Byrne. (2003). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga
J.R Raco. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Purwanto, Ngalim. (1995). Ilmu Pendidikan Praktis dan Teoretis. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Santoso, Soegeng. (2000). Problematika Pendidikan dan Cara Pemecahannya. Jakarta: Kreasi Pena Gading.
Jurnal:
Ashidiqie, M. L. I. I. (2020). Peran Keluarga Dalam Mencegah Coronavirus Disease 2019. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(10), 911-922.
Muslimin, M. (2019). Kontribusi Tafsir Maudhu'i dalam Memahami al-Quran. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 30(1), 75-84.
Sada, H. J. (2017). Kebutuhan dasar manusia dalam perspektif pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 213-226.
Thohir, U. F. (2015). Konsep Keluarga dalam al-Qur’an; Pendekatan Linguistik dalam Hukum Perwaqilan Islam. Istidal: Jurnal Studi Hukum Islam, 2(1), 01-10.
Wahy, H. (2012). Keluarga sebagai basis pendidikan pertama dan utama. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 12(2).
Yamani, M. T. (2015). Memahami Al-Qur’an dengan metode tafsir maudhu’i. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2).
Published
2021-01-16