PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA PERSAINGAN GLOBAL (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI IPS SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 KABUPATEN TANGERANG TAHUN 2019/2020)

Authors

  • Muhammad Muslim Rofi’i Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Hudaya Latuconsina Universitas Islam Syeikh Yusuf
  • Sri Lestari Universitas Islam Syeikh Yusuf

Abstract

Abstrak

Perubahan zaman yang cepat ialah sebagai salah satu hasil dari modernisasi dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendidikan karakter yang baik diperlukan untuk melewati rintangan teknologi yang semakin maju, untuk mempunyai daya saing dan berketerampilan dalam menghadapi masa yang akan datang. Pendidikan karakter adalah salah satu kewajiban yang perlu dilakukan terhadap siswa agar tidak mudah dipengaruhi oleh zaman globalisasi yang membuat sikap dan perilaku menjadi yang buruk.Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis atau mengetahui model penerapan pendidikan karakter, faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan pendidikan karakter, dan mencari model atau cara penerapan pendidikan karakter agar sesuai dengan tujuan sekolah di SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus, dengan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan jenis data primer dan sekunder yang diperoleh dari informan serta dokumen mengenai jenis data-data yang dibutuhkan.

Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) Sekolah SMAN 3 Kabupaten Tangerang telah menerapkan program pemerintah tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) untuk menjalankan 5 nilai utama karakter prioritas yang berisikan karakter religius,integritas, nasionalis, mandiri, dan gotong royong. 2) Dalam menerapkan pendidikan karakter di era persaingan global pada siswa kelas 11 IPS SMAN 3 Kabupaten Tangerang, pihak sekolah memiliki beberapa faktor pendukung dalam mewujudkan keberhasilan pendidikan karakter seperti melakukan perjanjian dengan orang tua siswa saat sebelum diterima sekolah, menggunakan sifat keteladanan para guru, melalui perantara wali kelas saat terjadi masalah pada siswa, dan membuat kegiatan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan. 3) Pihak sekolah memiliki beberapa model atau cara supaya dalam penerapan pendidikan karakter agar sesuai dengan tujuan sekolah yaitu dengan cara membuat SOP PBM (Standar Operasional Proses Belajar Mengajar) untuk para guru yang disampaikan setiap awal tahun pelajaran, membuat peraturan kepada siswa tentang saat masuk gerbang sekolah sampai hal yang dilakukan saat istirahat, melakukan treatment dengan memanggil orang tua siswa, hingga menggunakan layanan BK agar menjadi penyelenggara yang komprehensif.

Kata kunci : Pendidikan Karakter, Globalisasi

Downloads

Published

2021-10-31

How to Cite

Muslim Rofi’i, M., Latuconsina, H., & Lestari, S. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA PERSAINGAN GLOBAL (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI IPS SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 KABUPATEN TANGERANG TAHUN 2019/2020). Journal of Business Education and Social, 2(2), 71–83. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JBS/article/view/2837

Most read articles by the same author(s)