PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP LINGKUNGAN PENDIDIKAN DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI DAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS PROGRAM STUDI MANAJEMEN UNIVERSITAS ISLAM SYEKH-YUSUF TANGERANG

Authors

  • Sekar Wulan Universitas Islam Syekh Yusuf

Abstract

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap lingkungan pendidikan di Program Studi Pendidikan Ekonomi dan Program Studi Manajemen Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian komparatif yang menggunakan kuesioner sebagai instrumen dan diberikan kepada 302 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data berdasarkan karakteristik proses pembelajaran, dosen, akademik, atmosfer, dan lingkungan sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap karakteristik proses pembelajaran, dosen, akademik, atmosfer, dan lingkungan sosial berada dalam kategori cukup baik. Namun untuk karakteristik akademik secara signifikan terdapat perbedaan antara mahasiswa Program Studi Ekonomi dengan mahasiswa Program Studi Manajemen dan untuk karakteristik proses pembelajaran, dosen, atmosfer dan lingkungan sosial tidak terdapat perbedaan antara Program Studi Ekonomi dengan Program Studi Manajemen.
Kata Kunci : Proses Pembelajaran, Dosen, Akademik, Atmosfer, dan Lingkungan Sosial

References

Aghamolaei, T., & Fazel, I. (2010). Medical students’ perceptions of the educational environment at an Iranian Medical Sciences University. BMC Medical Education, 10(1). https://doi.org/10.1186/1472-6920-10-87

Ahmed, Y., Taha, M. H., Al-Neel, S., & Gaffar, A. M. (2018). Students’ perception of the learning environment and its relation to their study year and performance in Sudan.

International Journal of Medical Education, 9, 145–150. https://doi.org/10.5116/ijme.5af0.1fee

Al-Ayed, I. H., & Sheik, S. A. (2008). Assessment of the educational environment at the College of Medicine of King Saud University, Riyadh. Journal Eastern Mediterranean Health, 14(4), 953–959.

Al-Hazimi, A., Zaini, R., Al-Hyiani, A., Hassan, N., Gunaid, A., Ponnamperuma, G., … Davis, M. (2004). Educational environment in traditional and innovative medical schools: A study in four undergraduate medical schools. Education for Health, 17(2), 192–203. https://doi.org/10.1080/13576280410001711003

Altemani, A. H., & Merghani, T. H. (2017). The quality of the educational environment in a medical college in Saudi Arabia. International Journal of Medical Education, 8, 128–132. https://doi.org/10.5116/ijme.58ce.55d2

Arafah, K. (2017). Pengaruh Sarana Prasarana Akademik, Kualitas Mengajar Dosen, Atmosfer Akademik, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 29(2), 167–184. https://doi.org/10.21009/parameter.292.05

Arundina, A., Tejoyuwono, T., Armyanti, I., Nugraha, R. P., Ilmu, D., Masyarakat, K., … Tanjungpura, U. (2015). Gambaran Evaluasi Penilaian Mahasiswa Program. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia, 4(3), 109–114.

Bakhshi, H., Bakhshialiabad, M. H., & Hassanshahi, G. (2014). Students’ perceptions of the educational environment in an Iranian Medical School, as measured by the Dundee Ready Education Environment Measure. Bangladesh Medical Research Council Bulletin, 40(1), 36–41. https://doi.org/10.3329/bmrcb.v40i1.20335

Bakhshi, Hamid, Azari, F., & Bakhshaliabad, M. (2013). Nursing students’ perceptions of their educational environment based on DREEM model in an Iranian university. Malaysian Journal of Medical Sciences, 20(4), 55–62. Retrieved from www.mjms.usm.my

Bakhshialiabad, H., Bakhshi, M., & Hassanshahi, G. (2015). Students’ perceptions of the academic learning environment in seven medical sciences courses based on DREEM. Advances in Medical Education and Practice, (6), 195–203. https://doi.org/10.2147/amep.s60570

Brown, T., Williams, B., & Lynch, M. (2011). The Australian DREEM: evaluating student perceptions of academic learning environments within eight health science courses. International Journal of Medical Education, 2(February 2014), 94–101. https://doi.org/10.5116/ijme.4e66.1b37

Downloads

Published

2020-01-23

How to Cite

Wulan, S. (2020). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP LINGKUNGAN PENDIDIKAN DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI DAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS PROGRAM STUDI MANAJEMEN UNIVERSITAS ISLAM SYEKH-YUSUF TANGERANG. Journal of Business Education and Social, 1(1), 14–28. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JBS/article/view/353