PENGARUH LINGKUNGAN EKSTERNAL DAN INTERNAL TERHADAP STRATEGI PEMASARAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA PEMASARAN

  • Hery Erdi
  • R Bambang SM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan lingkungan eksternal dan internal, strategi pemasaran dan kinerja pemasaran. Juga, untuk mengetahui pengaruh lingkungan eksternal dan internal terhadap strategi pemasaran dan dampaknya terhadap kinerja pemasaran di industri kelapa sawit di wilayah Sumatera Selatan. Desain penelitian yang digunakan adalah kombinasi deskriptif dan verifikasi. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner oleh pejabat yang mewakili masing-masing perusahaan sebanyak 125 perusahaan. Sebagai pelengkap, data sekunder juga digunakan dalam penelitian ini. Metode analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk setiap variabel yang menggambarkan data, dan metode pemodelan persamaan struktural (SEM) untuk mengetahui pengaruh dan korelasi signifikansi antar variabel.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh lingkungan eksternal pada strategi pemasaran adalah positif dan signifikan; pengaruh lingkungan eksternal terhadap kinerja pemasaran juga positif dan signifikan; pengaruh strategi pemasaran terhadap kinerja pemasaran adalah positif dan signifikan; dan pengaruh lingkungan internal terhadap kinerja pemasaran adalah positif dan signifikan. Penelitian ini memiliki dua orisinalitas. Pertama, ini bertujuan untuk menjadi tambahan pada dimensi strategi pemasaran. Kedua, studi tentang pengaruh lingkungan internal dan eksternal pada strategi pemasaran serta dampaknya terhadap perusahaan kelapa sawit di Sumatera Selatan belum pernah dilakukan sebelumnya.

Kata kunci: lingkungan eksternal, lingkungan internal, strategi pemasaran, kinerja pemasaran, perkebunan kelapa sawit.

References

Barney, JB2003. Sumber Daya Yang Kuat dan Keunggulan Kompetitif yang Berkelanjutan. Jurnal Manajemen17: 99-120.

Biro Pusat Statistik, (2010).Indikator Ekonomi, Jakarta:BPS.

Burton, D. (2002). Pendidikan konsumen dan kualitas layanan; Konseptual dan Praktis Masalah Implikasi. Jurnal Pemasaran Layanan, 16: 125-142.

Cascio, Wayne F. (2005). Mengelola Sumber Daya Manusia, New York: Mc Graw Hill.

C John and Michael Minor (2001)MA: Lembaga Ilmu Pemasaran Mowen, Cambridge

Cravens, David W. dan Nigel F.Piercy.
(2012).Pemasaran Strategis, New York: Mc.Graw- Hill.

David, Fred R. (2012).Manajemen Strategis, edisi 12, New Jersey Prentice Hall.

Ford, John, Mathew Joseph, dan Joseph Beatriz.(2003). Pentingnya-Kinerja Analisis sebagai Alat Strategis untuk Pemasar Layanan Kasus Persepsi Kualitas Layanan Bisnis Siswa di Selandia Baru dan Amerika Serikat. Jurnal Pemasaran Layanan Santa Barbara: Vol. 13. Iss. 2; hal. 171.

Ganesan, S George, M jap, S. Palmatier dan Weitz, B.(2009). Rantai Pasokan Kinerja Manajemen dan Pengecer Journal of Retailing, 85: 84-94

Gotsi, M. and Wilson, AM. (2001).Reputasi Perusahaan: Mencari Definisi perusahaan Komunikasi. An International Journal, 6 (1): 24-30.

Gummesson, Evert. (2002). Hubungan Pemasaran dan Ekonomi Baru: Saatnya untuk De- Programming Jurnal Pemasaran Layanan. Santa Barbara: Vol.16. Iss. 7; hal. 585-595.

Herlambang, Tedi, Sugiarto, Brastoro, dan Said Kelana. (2008). Ekonomi Makro: Analisis Teori, Kebijakan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hitt, Michael A. Ireland R. D dan Hoskisson RE (2010). Manajemen Strategis Daya Saing dan Globalisasi, edisi 9, South-western College Publishing.

Jogiyanto. (2008). Pedoman Survei Kuesioner, Edisi 1 BPFE, Yogyakarta

Kotler, Philip dan Kevin L.Keller (2008).

Manajemen Pemasaran, edisi 12, Baru York: Prentice Hall Int. Inc.

Kroenke, D. Hatch. 2002, Sistem Informasi Manajemen, New York: McGraw-Bukit.

Loudon DL, Della Bitta, AJ. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep dan Aplikasi, New York: McGraw-Hill.





Luo, Yadong. (2004)Competititon dalam Bisnis Internationl Kopenhagen: Bisnis Pers Sekolah

Moorman, Christine dan Donald.R.Lehmann.(2004). Menilai Kinerja Strategi pemasaran. Cambridge, MA: Lembaga Ilmu Pemasaran

Mowen, C. John and Michael Minor. (2001) Perilaku Konsumen, edisi ke-5, AS: Harcourt College Pub.

Santoso, Singgih. (2011). Structural Equation Modeling (SEM). Jakarta: PT.Elexmedia Komputindo. PT.Elexmedia Komputindo.

Schiffman, LG dan Kanuk, LL. (2006). Perilaku Konsumen, New Jersey: Prentice Aula.

Sedarmayanti. (2005). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, Bandung: Ilham Jaya.

Silalahi, Ulbert (2005). Studi Administrasi, Jakarta: New Light Algensindo.

Ster, van der W. (1993). Pemasaran dan Ritel.Groningen,NL, Wolters Noordhoff.

Wheelen, Thomas L., dan J David Hunger.(2008). Manajemen Strategis dan Bisnis Kebijakan, edisi 11e, New Jersey: Prentice Hall.
Published
2021-01-06