PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO DAN TOTAL ASSET TURNOVER TERHADAP RETURN ON ASSET STUDI PADA PT. INDOFARMA Tbk YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2019

Authors

  • Junaedi Junaedi STIE Yasa Anggana Garut

Keywords:

Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Total Asset Turnover, Return on Asset

Abstract

PT. Indofarma Tbk merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri farmasi dan alat kesehatan. Dengan perkembangan yang sangat pesat, mengharuskan perusahaan mampu mengatur keuangan secara produktif dari berbagai komponen didalamnya. Bahan pertimbangan atas kinerja perusahaan dalam memperoleh tujuannya yakni mendapatkan keuntungan secara maksimal dan membangun citra yang baik. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh current ratio, debt to equity ratio dan total asset turnover terhadap return on asset pada PT. Indofarma Tbk periode 2015-2019.  Metodologi penelitian yang digunakan yakni metode asosiatif. Jenis Data yang digunakan adalah data time series, Dimana datanya diperoleh dari annual report PT. Indofarma Tbk periode 2015-2019. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deksriptif menggunakan rumus masing-masing variabel, analisis regresi berganda, analisis determinasi, serta uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh secara simultan dan signifikan current ratio, debt to equity ratio dan total asset turnover terhadap return on asset,. Atas hal tersebut saran yang diberikan yakni, perusahaan perlu memperhatikan serta mengatur setiap komponen yang terdapat dalam keuangan, karena menjadi bagian yang terpenting dalam perolehan keuntungan serta kinerja perusahaan yakni PT. Indofarma Tbk.

 

 

References

Afriyanti, Meilinda. 2011. Analisis Pengaruh Current Ratio, Total Asset Turnover, Debt To Equity Ratio, Sales Dan Size Terhadap ROA (Return On Asset) Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI pada tahun 2006-2009. Skripsi Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Hal 47.

Anshori, Muslich dan Sri Iswati. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press.

Fahmi, Irham. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Harahap, Sofyan Syafri. 2015. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hery. 2015. Analisis Kinerja Manajemen. Jakarta: Grasindo.

Hery. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Grasindo.

Kasmir. 2016. Analisa Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Oktary, Dewi. 2016. Analisis Pengaruh Price Earning Ratio (PER), Current Ratio (CR), Debt To Equity Ratio (DER) Dan Total Asset Turn Over (TATO) Terhadap Return On Assets (ROA) Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010 – 2012. Jurnal Vol, 6 No. 2, Juli 2016.

Prastowo, Dwi. 2015. Analisa Laporan Keuangan Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Susetyo, Aris. 2017. Analisis Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio Dan Total Asset Turnover Terhadap Return On Asset Pada Perusahaan Yang Tercatat Di Jakarta Islamic Index. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, Vol.6, No.01, Bulan Juli 2017.

Sugiyono, Arief dan Edy Untung. 2016. Panduan Praktis Dasar Analisa Laporan Keuangan. Jakarta: Grasindo

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Wartono, Tri. 2018. Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER) Terhadap Return On Asset (ROA) (Studi Pada PT Astra International, Tbk). Jurnal KREATIF: Pemasaran, Sumberdaya Manusia dan Keuangan, Vol. 6, No. 2, April 2018

Downloads

Published

2020-12-14

How to Cite

Junaedi, J. (2020). PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO DAN TOTAL ASSET TURNOVER TERHADAP RETURN ON ASSET STUDI PADA PT. INDOFARMA Tbk YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2019. EKONOMI BISNIS, 26(2), 358–366. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JEB/article/view/1045