MAKSIMALISASI PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. LAUTAN ABADI PRATAMA MELALUI PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN PADA PT. LAUTAN ABADI PRATAMA

  • Syaifullah Syaifullah Universitas Putera Batam
  • Nasib Nasib STIE Mahkota Tricom Unggul

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif. Data penelitian diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa secara parsial promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap  kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan secara simultan promosi dan kualitas pelayanan bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan PT. Lautan Abadi Pratama. Implikasi temuan dalam penelitian ini bahwa bagi konsumen baru pemanfaat media sosial beruapa facebook dan instagram harus disediakan dan diawasi oleh departemen tertentu guna memberikan sumber informasi mengenai keunggulan dan biaya yang harus dikorbankan oleh setiap konsumen. Selanjutnya manajemen memberikan garansi penuh atas waktu pengiriman dan keamanan dari barang pelanggan yang dikirim dari Batam-Jakarta atau Jakarta-Batam. Hal ini merupakan upaya manajemen dalam menjaga pelanggannya serta sebagai langkah dalam menarik pelanggan baru dalam pemanfaatan jasa pengakutan barang.

References

Ali Hasan. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publisher Service).
Amelia, N. R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Citra Kampus Terhadap Loyalitas Mahasiswa Mengikuti Program MGM (Member Get Member) Melalui Kepuasan Mahasiswa Sebagai Variabel Intervening. Abdi Ilmu, 1(1), 121–133.
Aulia, K. F. N. S. R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Produk. IqtishadEQUITY Jurnal …, 1(1), 1–4.
Budiono, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 17(02), 1–15. https://doi.org/10.25134/equi.v17i02.ABSTRACT
Chaniago, N. & S. (2018). Pengaruh Saluran Distribusi Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan PT. Philips Avent Area Medan. In Seminar Nasional Royal (SENAR) 2018 (pp. 413–416).
Chaniago, N. S. (2018). Pengaruh Bauran Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Kuliah Pada Politeknik Unggul LP3M. JIPI, 2(1), 38–50.
Darmawan, D. (2018). The Effect of Service Quality, Customer Satisfaction and Corporate Image on Customer Loyalty in the banking sector in Indonesia. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), (January), 46–51. https://doi.org/10.31219/osf.io/uxsfr
Ellyawati, V. T. L. J. (2019). Effect of E-Service quality on repurchase intention: Testing the role of e-satisfaction as mediator variable. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering, 8(7C2), 158–162. https://doi.org/10.35940/ijitee.g5400.0881019
Fadli, N. M. Z. F. A. (2020). Analysis Of Impact Factors On College Decisions On Private College Lecture In Medan City. International Journal of Business and Management Invention (IJBMI), 9(3), 18–24.
Haryoko, M. F. A. U. B. (2020). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Alfamart Cabang Cikokol Tangerang. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(2), 280–286. https://doi.org/10.32493/jee.v2i2.4170
Herwan Nafil, N. (2019). Optimalisasi Kepuasan Pelayanan Dan Komunikasi Pada Supermarket Mr. Ben Medan. Juranl Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 4(2), 111–118.
Keller, P. K. K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Lestari, N. I., Nazah, K., Handayani, C., & Wirda, A. (2020). Online Shopping the Satisfaction through Perceived Quality and It ’ s Impact On Customer Loyalty. International Journal of Business and Management Invention (IJBMI), 9(3), 56–61.
Lestari, N. R. A. I. (2019). Dasar Pemasaran. Dasar Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.
Minor, J. Cm. M. (2012). Perilaku Konsumen dialih bahasakan oleh Dwi Kartika Yahya. Jakarta: Erlangga.
Nasib. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Kola Renan Bengawan Solo Pangkalan Brandan). Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 18(1), 30–44.
Nasib, A. F. (2019). Konsep Intisari Strategi pemasaran. Jawa Tengah: CV. Pena Persada.
Nasib, E. H. S. S. C. (2019). Increase Taxpayer Compliance through Quality of Service , Tax Sanctions , Knowledge and Socialization of Taxation. Journal of Business and Management (IOSR-JBM), 21(11), 17–23. https://doi.org/10.9790/487X-2111031723
Nasib, M. S. (2019). Pengukuran Kepuasan Pengguna Kereta Api Indonesia (Persero) Medan Melalui Fasilitas Dan Pelayanan. Abdi Ilmu, 12(2), 51–57.
Nasib, P. P. D. M. H. (2018). Improving Consumers Purchasing Decisions On CV. Nagasakti Mandiri Electronic. International Journal of Research and Review, 7(July), 435–442.
Nurlaela Anwar, R. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen E-Commerce Fashion Muslim Hijup Di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(1), 75–85. https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i1.169
Pernanda, W. R. (2019). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Alfamart Tiban Tiga Sekupang Kota Batam. Ekuivalensi, 5(2), 135–147.
Saputra, D. S. A. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kepri Mall. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 43–53. https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.151
Saputri, R. S. D. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(1), 46–53. https://doi.org/10.35814/coverage.v10i1.1232
Sari, N. S. E. E. (2020). Konsep Intisari Strategi Pemasaran Lanjutan. Jakarta : Mitra Wacana: CV. Pena Persada.
Sihaloho, R. N. E. D. (2020). Pengaruh Promosi Cashback pada OVO dan Go-Pay Terhadap Perilaku Konsumen Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran The Effect of Cashback Promotion on OVO and Go-Pay Against Consumer Behavior of Padjadjaran. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 20(1), 12–25. https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v20i1.3764
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syaifullah, C. T. (2020). Pengaruh Komitmen, Kepercayaan, Kualitas Pelayanan Dan Komunikasi Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. BPR Dana Nusantara Cabang Nagoya Di Kota Batam. Triangle, 01(01), 188–195.
Tjiptono, F. G. C. (2011). Service, Quality and Satisfaction Edisi 3. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2013). Strategi Pemasaran, ed. 3. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasan Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta.
Wasiman. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Motor Yamaha Kecamatan Sekupang Kota Batam. Yayasan Akrab Pekan Baru, 3(3), 85–95.
Widiyanti, W. (2020). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Penggunaan dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet OVO di Depok. Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 54–68. https://doi.org/10.31294/moneter.v7i1.7567
Widodo, A. F. A. J. E. (2019). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Pengambilan Keputusan Kursus Bahasa Inggris Pare Dengan Viral Marketing Sebagai Variabel Intervening. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 4(1), 41–60. https://doi.org/10.32503/jmk.v4i1.361
Yuliyanto, W. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan di Toko Aleea Shopid Kebumen. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(2), 168–172.
Published
2021-06-06