PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PELAKU USAHA MIKRO MAKANAN RINGAN DALAM MENARIK MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus pada Gipang Lestari di Kecamatan Citangkil Kota Cilegon)

  • Isniyunisyafna Diah Delima Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Luna Safitri Salsabil Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Delima Widyatari Universitas Islam Syekh Yusuf – Tangerang
Keywords: strategi pemasaran, pelaku usaha, makanan ringan khas Banten, analisis SWOT.

Abstract

Dalam dunia bisnis, manajemen strategi pemasaran memiliki peran yang amat sangat penting dalam tahap pembentukan kesadaran dan pemahaman konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Dengan demikian, sebuah perusahaan membutuhkan perencanaan strategi yang tepat agar dapat diterima dengan mudah oleh masyarakat. Penelitian ini dengan judul Penerapan strategi komunikasi pemasaran pelaku usaha mikro makanan ringan Gipang Lestari” dalam menarik minat beli konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran pelaku usaha mikro makanan ringan “Gipang Lestari” di Kecamatan Citangkil Kota Cilegon dalam menarik minat beli konsumen dan menentukan dan menganalisis strategi pemasaran yang dilakukan oleh pelaku usaha mikro makanan ringan “Gipang Lestari” di Kecamatan Citangkil Kota Cilegon dalam menarik minat beli konsumen dengan menggunakan metode analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus. Adapun  sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder dari wawancara mendalam, studi kepustakaan dan dokumentasi. Data akan dianalisa dengan metode deskriptif analisis. Landasan teori yang digunakan adalah teori bauran pemasaran dan analisis SWOT. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pelaku usaha makanan ringan Gipang Lestari ini adalah dengan menggunakan direct marketing, personal selling atau penjualan langsung tatap muka dengan cara berjualan langsung dirumah dan media sosial marketing dengan menggunakan pemasaran online berupa SW atau Story WhatsApp untuk mempromosikan produknya kepada konsumen. Whatsapp sebagai salah satu media sosial saat ini banyak yang menggunakan untuk kepentingan bersosialisasi maupun sebagai penyampaian pesan baik oleh individu maupun kelompok. Berdasarkan analisis SWOT strategi dalam pengembangan strategi komunikasi pemasaran yang bisa dilakukan oleh Pelaku Usaha Makanan Ringan Gipang Lestari diantaranya: meningkatkan strategi pemasaran melalui sosial media dengan mengikuti kemajuan teknologi, melakukan kegiatan sebagai event agar dapat meningkatkan kepopularitas merek Gipang Lestari dimata masyarakat, mempertahankan harga produk makanan ringan yang terjangkau agar tidak kalah saing dengan pelaku usaha mikro yang mengeluarkan produk yang sama dan harus memanfaatkan teknologi komunikasi dengan baik.

References

  1. Cleary, M. (2019). Journal of Chemical Information and Modeling, 53 (9), 1689–1699.
  2. David, F. R. (2011). Strategic Management. Jakarta: Salemba Empat.
  3. Freddy Rangkuti, 2004, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Gramedia, Jakarta Roy, S.L. Diplomasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa
  4. Isniyunisyafna, I., & Isfiantie S, D. S. (2020). Strategi Komunikasi Internal Dalam Menumbuhkan Loyalitas Karyawan Pt Prudential Life Assurance (Studi Deskriptif Pada Pru Eternity Kota Cilegon). DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Pembangunan Daerah, 7(1), 40–52.
  5. Kereh , F., Loind, S. S., & Tumbel, A. L. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Motor Yamaha Mio Pada Pt. Hasjrat Abadi Outlet Yamaha Sam Ratulangi . Jurnal EMBA, 968 - 977
  6. Moleong, L. J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  7. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
  8. Susanti, H. A. (2015). Strategi Komunikasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Jurnal ASPIKOM, 2(4), 243.
  9. Samsul, Fuat (2020) Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Pada Home Industry Iwan Bubut Di Badamita Rakit Kabupaten Banjarnegara. Thesis, IAIN Purwokerto.
  10. Tjiptono, Fandy, 1997, Strategy Pemasaran, penerbit: Andi offset, Edisi Kedua, Cetakan Pertama, Yogyakarta
  11. Wibowo, I. S. (2011). Semiotika Komunikasi Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta : Mitra Wacana Media.
Published
2022-06-13