PENGARUH PERILAKU BELAJAR, KECERDASAN EMOSIONAL DAN BUDAYA TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang)

  • Angga Prayoga Universitas Islam Syekh-Yusuf, Tangerang
  • Parlindungan Dongoran Universitas Islam Syekh-Yusuf, Tangerang
  • Neneng Widayati Universitas Islam Syekh-Yusuf, Tangerang
Keywords: Tingkat Pemahaman Akuntansi, Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional, Budaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris apakah perilaku belajar, kecerdasan emosional dan budaya berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Perilaku belajar meliputi kebiasaan mengikuti pelajaran, kebiasaan membaca buku, kunjungan keperpustakaan, dan kebiasaan mengikuti ujian, kecerdasan emosional diukur berdasarkan lima komponen yaitu pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial, selanjutnya variabel budaya menggunakan perbedaan budaya serta budaya non jawa dan jawa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Variabel yang digunakan adalah tingkat pemahaman akuntansi, perilaku belajar, kecerdasan emosional dan budaya. Uji yang digunakan adalah analisis linear berganda dengan menggunakan aplikasi program SPSS 25.0. Hasil analisis menunjukan pengaruh perilaku belajar, kecerdasan emosional dan budaya berpengaruh postif terhadap tingkat pemahaman akuntansi terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Secara simultan hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel perilaku belajar, kecerdasan emosional, dan budaya berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi.

References

  1. Asholihah, F.N, Rispantyo, dan Kristianto, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Perilaku Budaya dan Kepercayaan Diri Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, 14(1), 28– 39.
  2. Darojat, Tubagus Achmad. (2015). Pentingnya Budaya Kerja Tinggi dan Kuat Absolute. Bekasi. PT. Refika Aditama.
  3. Devi, M.S.N., Sujana, I. K., & Wirasedana, I. W. P. (2019). Pengaruh Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Adversitas pada Tingkat Pemahaman Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 30(4), 2302–8556.
  4. Dewi, Trisnawati N.S R.T., & Yogantara, K.K. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dengan Perilaku Belajar Sebagai Pemoderasi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 2548–4443.
  5. Dewi, N.P.R.A., & Wirama, D. G. (2016). Kepercayaan Diri Sebagai Pemoderasi Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar Pada Tingkat Pemahaman Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 16(1), 615–644.
  6. Dwi I.G., Rispantyo, & Kristanto. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Sosial Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dengan Minat Sebagai Pemoderasi. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, 12(1).
  7. Fauziah. (2015). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester II Bimbingan Konseling UIN Ar-Raniry. Jurnal Edukasi (Media Kajian Bimbingan Konseling), Vol.1(1).
Published
2022-06-13