PENGARUH STRATEGI PEMASARAN SELAMA MASA PANDEMI TERHADAP UMKM COFFE SHOP (Studi Pada Kedai Babaturan di Kecamatan Cisayong)

  • Siti Nurwanti Universitas Siliwangi, Tasikmalaya
  • Yuliana Yuliana Universitas Siliwangi, Tasikmalaya
  • Sri Hardianti Sartika Universitas Siliwangi, Tasikmalaya
Keywords: Strategi pemasaran, Coffe Shop, UMKM, , Efektivitas, Covid-19

Abstract

Penerapan strategi pemasaran UMKM di sebuah bisnis coffe shop, dengan sasaran pengamatan pada Kedai Babaturan sebagai coffe shop yang tetap eksis pada era pandemi seperti ini, Kedai Babaturan dipilih sebagai sasaran penelitian, mengingat coffe shop ini bisa bertahan dalam kondisi ekonomi yang tidak stabil seperti sekarang ini. Penelitian ini saya lakukan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan Kedai Babaturan. Hasilnya, diperoleh bahwa dalam sebuah pemasaran produk ini ada beberapa aspek yang menunjang akan keberhasilan Kedai Babaturan yaitu sasaran konsumen, promosi, brand, tempat, harga dan juga fasilitas. Hal ini yang di perhatikan Kedai Babaturan dalam menjalankan strategi pemasaran nya mengingat Kedai Babaturan berhasil membuka cabang nya dikala massa pandemi seperti ini. Itulah sebabnya, strategi pemasaran sangatlah penting didalam dunia bisnis apalagi UMKM. Penelitian ini juga bisa dijadikan referensi bagi usahawan yang baru memulai karir bisnisnya. Metode untuk mengetahui data ialah observasi secara langsung, dalam memperoleh data ada beberapa acuan yang saya perhatikan yaitu efektivitas dan strategi pemasaran.

 

References

  1. Dan, P., Pada, K., Kedai, U., Di, K., Rasmikayati, E., Afriyanti, S., & Saefudin, B. R. (2020). ( Kasus pada Belike Coffee Shop dan Balad Coffee Works ) PENDAHULUAN Berdasarkan data dari FAO ( 2019 ), Indonesia tercatat sebagai produsen kopi terbesar ketiga di dunia setelah Brazil dan Vietnam . Meskipun demikian , ekspor kopi dari Indonesia diperkir. 1(1), 26–45.
  2. Haristianti, V. (2021). Analisis Faktor Kebetahan Pengunjung Coffee Shop Melalui Penilaian Kinerja Elemen Interior. Studi Kasus: Kafe dan Coffee Shop di Kawasan L.R.E Martadinata, Bandung. Jurnal Arsitektur ZONASI, 4(2), 196–209. https://doi.org/10.17509/jaz.v4i2.31609
  3. Hasan, M., Noercahyo, A., Rani, A. E., Salshabilla, N. A., & Izzati, S. N. (2021). Pengembangan Ekonomi Kreatif Sektor Umkm Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 125–138. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n2.p125-138
  4. Ihsan Mu, A., & Setiawan Slamet, A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Coffee Shop di Kota Bogor) The Effect of Product Quality and Service Quality on Costumer Satisfaction (A Case Study of Coffee Shops in Bogor City). Jurnal Manajemen Dan Organisasi (JMO), 10(2), 118–132. www.databook.kadata.co.id
  5. Kertamukti, Rama. (2017). Strategi Kreatif Dalam Periklanan. Depok: Rajagrapindo Persada.
  6. Putri, A., Hasnah, Paloma, C., & Yusmarni. (2021). Perilaku Konsumen Dalam Membeli Kopi Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Coffee Shop Kota Padang Consumer Behavior Buying Coffee During the Covid-19 Pandemic At Coffee Shop in Padang City. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), 5(4), 1308–1321. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.04.32
  7. Sari, Anggi Puspita dkk. (2020). Ekonomi Kreatif. Sumatera Utara: Yayasan Kita Menulis.
  8. Saydam, Gouzali. (2006). Pengantar Bisnis. Bandung : Alfabeta.Suryana.(2013). Ekonomi Kreatif. Jakarta: Salemba Empat
  9. Suryani, C. D., & Kristiyani, D. N. (2021). Studi Fenomenologi Pada Gaya Hidup Baru Anak Muda Sebagai Pengunjung Coffee Shop Di Kota Salatiga. PRecious: Public Relations Journal, 1(2), 177–201.
  10. Wachdijono, A. C. Y. (2021). Barista Pada Era Pemasaran Kopi Ke Tiga. Paradigma Agribisnis, 4(September), 11–24.
Published
2022-06-13