PENGARUH HALAL KNOWLEDGE, RELIGIUSITAS, SIKAP KONSUMEN GENERASI Z TERHADAP PERILAKU KONSUMEN PRODUK KOSMETIK HALAL DALAM NEGERI STUDI KUANTITATIF DI LINGKUNGAN KOTA TANGERANG

Authors

  • Rusbiansyah Perdana Kusuma Universitas Islam Syekh-Yusuf, Tangerang
  • Ria Kurniawati Universitas Islam Syekh-Yusuf, Tangerang

Keywords:

Manajemen, Produk Halal, Perilaku Konsumen, Pengetahuan Produk, Pemasaran.

Abstract

Mengkonsumsi produk halal merupakan masalah sosial yang ada di masyarakat dan menjadi tanggung jawab negara. Negara melalui pemerintah memiliki kewajiban untuk menjamin kehalalan suatu produk dan kejujuran para produsen. Saat ini masyarakat muslim sangat memperhatikan status kehalalan suatu produk karena kewajiban mentaati agama dan juga ilmunya. Peningkatan pertumbuhan industri kosmetik halal tercermin dari meningkatnya kesadaran konsumen terhadap bahan-bahan yang terkandung sebagai informasi yang mudah mereka dapatkan. Salah satu faktor yang mempengaruhi peningkatan permintaan produk halal adalah informasi dan pengetahuan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah tingkat pengetahuan dan religiusitas konsumen Generasi Z terhadap perilaku pembelian produk kosmetik halal dengan menggunakan Consumer Attitude sebagai variabel intervensi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan menggunakan data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen kosmetik halal generasi Z  berasal dari Universitas Islam Sheikh-Yusuf Tangerang.. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui google form yang kemudian data tersebut akan diolah dan dianalisis menggunakan Partial Least Perangkat pengolah data square (PLS) yang menggunakan metode random bootstrap atau perkalian untuk memastikan bahwa asumsi normalitas tidak menjadi masalah bagi PLS.

References

<ol><li>Abd Rahman, A., Asrarhaghighi, E., & Ab Rahman, S. (2015). Consumers and Halal Cosmetic Products: Knowledge, Religiosity, Attitude and Intention. Journal of Islamic Marketing, 148-163.</li><li>Ahmad, A. N., Rahman, A. A., & Rahman, S. A. (2015). Assessing Knowledge and Religiosity on Consumer Behavior towards Halal Food and Cosmetic Products. International Journal of Social Science and Humanity, 10-14.</li><li>Ali, S., Halim, F., & Ahmad, N. B. (2016). Beauty Premium and Halal Cosmetics Industry. Journal of Marketing Management and Consumer Behavior, 52-63.</li><li>Badan Pusat Statistik. (2021). Hasil Sensus Penduduk 2020. Berita Resmi Statistik.</li><li>Bernstein, R. (2015). Move Over Millennials - Here Comes Gen Z [ONLINE] :http://adage.com/article/cmostrategy/move-millennials-gen-z/296577/, diakses 5 maret 2022.</li><li>Biro, M. (2015). What Gen Z’s Arrival In The Workforce Means For Recruiters. [ONLINE]. http://www.digitalistmag.com/future-of-work/2015/10/05/what-gen-z-arrival-means-for-recruiters-03509530. , diakses 18 maret 2022.</li><li>Briliana, V., & Mursito, N. (2017). Exploring Antecedents and Consequences of Indonesian Muslim Youths’ Attitude towards Halal Cosmetic Products : Case Study in Jakarta. A, 176-184.</li><li>Burrus.D. (2016). Gen Z Will Change Your Word Again. https://www.huffpost.com/entry/gen-z-will-change-your-wo_b_9150214, diakses 18 Maret 2022.</li><li>Dangmei Jianguanglung & Singh Amarendra Pratap. (2016). UNDERSTANDING THE GENERATION Z: THE FUTURE WORKFORCE. South -Asian Journal of Multidisciplinary Studies, 3.</li><li>Dark, G. (2005). The On-line Medical Dictionary.</li><li>Davenport, T.H. and L. Prusak, . (1997). . Working knowledge: How organizations manage what they know. Boston, MA, USA: Harvard Business School Press.</li><li>Endah, N. H. (2014). Perilaku Pembelian Kosmetik Berlabel Halal oleh Konsumen . Indonesia Consumers ’ S Purchasing Behavior toward Halal Labeled, 11-25.</li><li>Klicon. (1999). The role of information technology in knowledge management within the construction industry, project report of knowledge learning in construction group at the centre for research in the management of projects. University of Manchester Institute of Science of Technology.</li><li>Koran Tempo. (2020). CEO SOCIAL BELLA JOHN MARCO : KAMI SELEKTIF MEMILIH LOKASI EKSPANSI. EKONOMI & BISNIS, 5.</li><li>Kotler, Philip, K. L. keller. (2016). Marketing Management Global Edition15th Edition, Vol. 15E.</li><li>McCrindle, M. (2015). Generation Z Digital.(Online). http://generationz.com.au/digital/., diakses 18 Maret 2022.</li><li>Mohezar, S., Zailani, S., & Zainuddin, Z. . (2016). Halal Cosmetics Adoption Among Young Muslim Consumers in Malaysia: Religiosity Concern. Global Journal Al- Thaqafah, 47-59.</li><li>Mueller, J. (2015). Generations Z Characteristics. (Online). diakses 18 Maret 2022.</li><li>Mutmainah, E. R. (2015). Pengaruh Pemberian Label Halal dan Keyakinan Konsumen Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Di Restoran KFC Cabang Madiun. Fakultas Ekonomi Universitas Merdeka Madiun.</li><li>Nasimi, M. S. (2013). Knowledge and competitive advantage for organizations. Kuwait Chapter of Arabian, 56-64.</li><li>R, H. (2015). Get ready for Z Generation. (ONLINE). https://www.roberthalf.com/sites/default/files/Media_Root/images/rh-pdfs/rh_0715_wp_genz_nam_eng_sec.pdf, diakses 18 maret 2022.</li><li>Rahim, N. @ F. binti, Shafii, Z., & Shahwan, S. (2015). Awareness and Perception of Muslim Consumers on Halal Cosmetics and Personal Care Products. International Journal of Business, Economics and Management, 1-14.</li><li>Rawan.S. Nimri & Dr. Firas Jamil Al- Otoum. (2015). Antecedents of Consumers’ Behavior towards Halal Food among Jordanian Customers: A Structural Equation Modeling (SEM) Approach. Journal of Marketing and Consumer Research .</li><li>Servin, G. and C. De Brun. (2005). ABC of knowledge management. NHS National Library for Health. Knowledge Management Specialist Library.http://www.library.nhs.uk.</li><li>Shamsher, R. (2016). Store Image and Its impact on Consumer Behavior. ELK Asia Pacific Journal of Marketing and Retail Management, 1-27.</li><li>Sholikhah, B. &. (2021). Analisis Pengambilan Keputusan Pembelian Kosmetik Berlabel Halal MUI pada Generasi Millenial. Journal of Islamic Economics and Banking, 193-211.</li><li>Sidorcuka Irina, Chesnovicka Anna. (2017). Methods Of Attraction And Retention Of Generation Z Staff. Cbu International Conference Proceedings, 809.</li><li>Simanjuntak, M., & Dewantara, M. M. . (2014). The Effects of Knowledge , Religiosity Value, and Attitude on Halal Label Reading Behavior of Undergraduate Students. ASEAN Marketing Journal, 65-76.</li></ol>

Downloads

Published

2022-06-13

How to Cite

Kusuma, R. P., & Kurniawati, R. (2022). PENGARUH HALAL KNOWLEDGE, RELIGIUSITAS, SIKAP KONSUMEN GENERASI Z TERHADAP PERILAKU KONSUMEN PRODUK KOSMETIK HALAL DALAM NEGERI STUDI KUANTITATIF DI LINGKUNGAN KOTA TANGERANG. EKONOMI BISNIS, 28(1), 91–99. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JEB/article/view/2537