PENGARUH NPWP DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Kasus Civitas Akademika Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang)

Authors

  • Nela Dharmayanti
  • Siti Aisyah Humayroh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh NPWP dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu dosen, mahasiswa/i dan karyawan Universitas Islam SyekhYusuf Tangerang yang berjumlah 4.353 dan untuk sampelnya berjumlah 98 responden wajib pajak di Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang di proses dan di analisis dengan menggunakan analisa regresi berganda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Uji kualitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas pearson correlation dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Untuk uji hipotesis dalam penelitian ini, peneliti menggunakan uji R2 yang sudah disesuaikan, uji F dan uji t. Hasil dalam penelitian ini membuktikan bahwa terdapat hubungan sangat kuat antara NPWP terhadap kepetuhan wajib pajak dengan nilai korelasi 0,806. Kontribusi sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak sebesar 27,1% sisanya dipengaruhi faktor lain yang belum diteli dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya, serta dan thitung > ttabel (5,971 > 1,984), maka Ho2 ditolak dan Ha2 diterima, yang berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara NPWP dan sanksi perpajakan kepatuhan wajib pajak. Sedangkan secara simultan terdapat hubungan yang sangat kuat antara NPWP dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan nilai korelasi 0,820.

Kata Kunci : NPWP, Sanksi Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak.

References

AL-QUR’AN Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IMB SPSS 22. Edisi Ketiga. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Masruroh, S. 2013. Pengaruh Kemanfaatan NPWP, Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan WPOP Di Kabupaten Tegal. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang. Vol. 2 No. 4, Hal 1-15. Muljoko, Djoko. 2010. Panduan Brevet Pajak Penghasilan. Yogyakarta : Andi Offset. Priyatno, Duwi. 2013. Mandiri Belajar Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta : Media Kom. Purwono, H. 2010. Dasar–Dasar Perpajakan dan Akuntansi Pajak. Jakarta : Penerbit Erlangga. Pujiwidodo, D. 2016. Persepsi Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Akademi Manajemen Keuangan BSI Jakarta. Jurnal Online Insan Akuntan Vol. 1 No.1 Juni 2016, Hal. 92-116. Rahayu SK dan Suhayati, E. 2010. Perpajakan, Teori dan Teknis Perhitungan. Yogyakarta : Graha Ilmu. 139 Resmi, Siti. 2016. Perpajakan Teori dan Kasus. Edisi Kedelapan. Jakarta : Selemba Empat. Setiawati, Lilis dan Anastasia Diana, 2014. Perpajakan Teori dan Peraturan Terkini. Yogyakarta : Andi Offset. Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta. Sutrisno, B. 2016. Pengaruh Kewajiban Kepemilikan NPWP, Pemeriksaan Pajak, Penagihan Pajak, Surat Paksa Pajak dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Pada Kantor Pelayanaan Pajak Pratama di Kota Semarang. Fakultas Ekonomi dan Jurusan Akuntansi Universitas Pandanaran, Semarang. Jurnal EMBA Vol. 2 No.2 Maret 2016, Hal.1-20.

Downloads

Published

2019-10-30

How to Cite

Dharmayanti, N., & Aisyah Humayroh, S. (2019). PENGARUH NPWP DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Kasus Civitas Akademika Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang). EKONOMI BISNIS, 25(1), 32–46. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JEB/article/view/286