ANALISIS PENGARUH HARGA BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) PERTAMINA DAN STRATEGI PENGADAAN STOK TERHADAP PENDAPATAN PERUSAHAAN DI SPBU PT. MA’SOEM BANDUNG

Authors

  • Ernie Mardiany Dj Universitas Syekh Yusuf Tangerang

Abstract

Harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia yang dikelola oleh Pertamina sering dalam kondisi tidak dapat memastikan kestabilan harga, yang tentunya berimbas kepada SPBU sebagai retail yang menjual langsung kepada masyarakat.Dengan  kondisi ini SPBU tetap harus melayani masyarakat, menjual BBM-nya sesuai stok dengan harga pembelian yang sudah ditentukan saat penyerahan dari Pertamina.  Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh harga BBMdan strategi yang dilakukan oleh SPBU dalam pengadaan BBM terhadap pendapatan perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey kausal, dan analisis regresi korelasional yang menguraikan hubungan antara variabel bebas  (harga BBM Pertamina dan strategi pengadaan stok) dengan variabel terikat (pendapatan perusahaan). Teknik pengumpulan data menyebarkan angket kepada responden sebanyak 30 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara harga BBM Pertamina terhadap pendapatan perusahaan, (2). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara strategi pengadaan stok terhadap pendapatan perusahaan, (3). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara harga BBM Pertamina dan strategi pengadaan stok terhadap pendapatan perusahaan. Kesimpulan penelitian terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara harga BBM Pertamina dan  strategi pengadaan stok terhadap pendapatan perusahaan. Dengan ditunjukkan dari hasil uji F hitung sebesar 11,23 lebih besar dibandingkan F tabel sebesar 3.35 dengan taraf signifikan 5% dan dk = 27.

Kata kunci : Strategi Pengadaan Stok, Harga BBM, dan Pendapatan Perusahaan

 

References

Abdullah, T. dan Tantri, F. 2013. Manajemen Pemasaran. Edisi 1.Cetakan ke-2. Jakarta : RajaGrafindo Alma, B. 2009. Dasar-dasar Bisnis dan Pemasaran.Bandung : Alfabeta.Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta : PT.Rineka Cipta.Bungin, B.2013. Metodologi Penelitian Sosial & Ekonomi.Format-format Kuantitatif & Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran.Jakarta : Kencana.

Hasan, A. 2013.Marketing dan Kasus-kasus Pilihan.Yogyakarta : CAPS.

Herlambang, S. 2014. Basic Marketing (Dasar-dasar Pemasaran). Cara mudahmemahami ilmu pemasaran.Yogyakarta : Gosyen.

Horne & Wachowicz Jr. 2012. Fundamentals of Financial Management.Dialih bahasa menjadi Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2002. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta : Salemba Empat.

Jauch, R. Laurence, dan Glueck, W.F. 1977. Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan. (Alih Bahasa : Murad dan AR. Henry Sitanggang). Jakarta : Erlangga.

Kadir. 2015. Statistika Terapan Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan ProgramSPSS/Lisrel dalam Penelitian. Edisi kedua.Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Kotler, P. dan Keller, L.K. 2009a.Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1 dan 2.Jakarta : Erlangga.

Margaretha, F. 2011. Manajemen Keuangan untuk Manajer Non Keuangan.Jakarta : Erlangga.

Muhardi dan Aditama, R. 2011.Manajemen Operasi. Suatu Pendekatan Kuantitatif untuk Pengambilan Keputusan.Bandung : Aditama.

Pandiangan, R. 2014. Buku Pintar Akuntansi dan PengendalianUsaha.Yogyakarta : Laksana.

Quadratullah, M.F. 2014. Statistika Terapan Teori, Contoh Kasus, dan Aplikasi dengan SPSS.Yogyakarta : Andi.

Ristono, A. 2009.Manajemen Persediaan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Saladin, Dj. 2001.Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengendalian.Bandung : Lindakarya.

Sartono, A. 2011.Manajemen Keuangan. Edisi 3.Yogyakarta : BPFE

Simamora, H. 2002. Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis.Jakarta : Salemba Empat.

Siregar, S. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan PerbandinganPerhitungan Manual & SPSS. Jakarta : Kencana.

Sudana, I.M. 2011.Manajemen Keuangan Perusahaan – Teori dan Praktek. Jakarta : Erlangga.

Downloads

Published

2020-01-31

How to Cite

Dj, E. M. (2020). ANALISIS PENGARUH HARGA BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) PERTAMINA DAN STRATEGI PENGADAAN STOK TERHADAP PENDAPATAN PERUSAHAAN DI SPBU PT. MA’SOEM BANDUNG. EKONOMI BISNIS, 25(2), 110–121. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JEB/article/view/424