ANALISIS KOMPETENSI PELAKU USAHA, PERAN DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP KINERJA UKM DI KOTA TANGERANG DENGAN KREATIVITAS STRATEGI PEMASARAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Sugeng Lubar Prastowo Universitas Islam syekh yusuf Tangerang

Abstract

Analisis kompetensi pelaku usaha, serta peran dan kebijakan pemerintah kota Tangerang terhadap kinerja UKM di kota Tangerang dengan kreativitas strategi pemasaran sebagai variabel intervening, adalah hasil penelitian terhadap para pelaku dan pemilik UKM yang berdomisili dan menjalankan usahanya di wilayah kota Tangerang. Pertumbuhan dan peningkatan kinerja UKM berperan penting dalam meningkatan kesejahteraan masyarakat, pendapatan daerah dan peningkatan ekonomi nasional. Jumlah pelaku UKM di kota Tangerang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, tetapi peningkatan ini masih kalah percepatannya dibandingkan dengan pertumbuhan UKM di Tangerang Selatan, sementara wilayah kota Tangerang memiliki potensi pergerakan ekonomi yang strategis sebagai kota yang memiliki fasilitas bandara Internasional dan sebagai jalur ekonomi yang menghubungkan kegiatan industri dan bisnis. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif jenis asosiatif dengan mencari hubungan sebab akibat, obyek penelitian pada populasi pelaku UKM di kota Tangerang dengan responden sebanyak 200 orang pemilik UKM. Teknik pengambilan data dengan data sekunder dan data primer melalui pembagian kuesioner berskala likert. Teknik analisis statistik menggunakan analisis jalur dengan program SPSS untuk menguji hubungan antara variabel. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kompetensi pelaku usaha, variabel peran dan kebijakan pemerintah, dan kreativitas strategi pemasaran, secara langsung memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap peningkatan kinerja UKM di kota Tangerang. Untuk meningkatkan kreativitas strategi pemasaran yang baik juga dipengaruhi secara langsung oleh kompetensi pelaku usaha.

Kata kunci: UKM, Kompetensi, Strategi, Pemasaran, Kinerja.

References

Gusti, I., Darya, P., & Madani, S. (2012). Pengaruh Ketidakpastian Lingkungan dan Karakteristik Kewirausahaan Terhadap Kompetensi Usaha dan Kinerja Usaha Mikro Kecil di Kota Balikpapan. In Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan (Vol. 1).

Hadiwidjaja, R. D., & Hartati, N. (2013). Tinjauan Umum Usaha Mikro Kecil dan Menengah Di Indonesia : Permasalahan dan Strategi. Retrieved from www.depkop.go.id

Harahap, Y. R. (2014). Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan Yang Dimiliki Pelaku Ukm Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Ukm. In Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis.

Irfan, A. (2017). Jumlah UKM Kota Tangerang Alami Peningkatan - ANTARA News Banten. Retrieved from Antara News website: https://banten.antaranews.com/berita/25907/jumlah-ukm-kota-tangerang-alami-peningkatan

Krisdanti, G., & Rodhiyah. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja UKM Pada Sektor Industri Pengolahan Makanan Di Kota Semarang.

Pemkot. (2017). UMKM di Kota Tangerang Tembus 11 Ribu - Pemerintah Kota Tangerang. Retrieved from https://tangerangkota.go.id/umkm-di-kota-tangerang-tembus-11-ribu

Purwidianti, W., & Rahayu, T. S. M. (2015). Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Kinerja Usaha Industri Kecil Dan Menengah Di Purwokerto Utara.

Setiawan, Z. A. (2018). 60 persen produk Usaha Kecil Menengah di Tangerang Selatan Didominasi Kuliner - Warta Kota. Retrieved from WartaKotalive.com website: http://wartakota.tribunnews.com/2018/09/05/60-persen-produk-usaha-kecil-menengah-di-tangerang-selatan-didominasi-kuliner

Sidharta, I., & Lusiana, D. (2014). Analisis Faktor Penentu Kompetensi Berdasarkan Konsep Knowledge, Skill, Dan Ability (KSA) Di Sentra Kaos Suci Bandung. In Jurnal Computech & Bisnis (Vol. 8). Retrieved from http://jurnal.stmik-mi.ac.id/index.php/jcb/article/view/111

Suci, R. P. (2009). Peningkatan Kinerja Melalui Orientasi Kewirausahaan, Kemampuan Manajemen, dan Strategi Bisnis (Studi pada Industri Kecil Menengah Bordir di Jawa Timur). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 11(1), 46–58. https://doi.org/10.9744/jmk.11.1.pp. 46-58

Susila, A. R. (2017). Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam Menghadapi Pasar Regional Dan Global.

Syarif, M. (2017). Jumlah UKM Kota Tangerang Alami Peningkatan. Retrieved from Harian Ekonomi Neraca website: http://www.neraca.co.id/article/83183/jumlah-ukm-kota-tangerang-alami-peningkatan

Wuryandani, D. (2013). Peranan kebijakan pemerintah daerah dalam pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 4(1), 103–115. Retrieved from http://jurnal.dpr.go.id/index.php/ekp/article/view/71

Zulkarnaen, H. O., & Sutopo, S. (2013). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Makanan Ringan ( Studi Penelitian UKM Snack Barokah di Solo ). Diponegoro Journal of Management.

Downloads

Published

2019-01-30

How to Cite

Prastowo, S. L. (2019). ANALISIS KOMPETENSI PELAKU USAHA, PERAN DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP KINERJA UKM DI KOTA TANGERANG DENGAN KREATIVITAS STRATEGI PEMASARAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. EKONOMI BISNIS, 25(2), 159–172. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JEB/article/view/435