OPTIMALISASI MEMBANGUN BRAND IMAGE TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MELALUI CUSTOMER VALUE DAN CUSTOMER RETENTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Ratih Amelia
  • Selfitrida Ayani

Abstract

Perguruan tinggi swasta pada saat sekarang ini terus dituntut untuk terus melakukan upaya perbaikan baik yang terjadi secara internal dan ekternal. Belum terkenalnya citra kampus menyebabkan perguruan tinggi akan sangat sulit bersaing. Hal inilah yang sering terjadi pada Politeknik Unggul LP3M. Dimana persepsi orang masih menggap kuliah harus di Universitas, Sekolah Tinggi dan Akademi. Kemudian selama ini istilah Politeknik masih asing dibenak orang banyak. Salah satu upaya yang dilakukan manajemen Politeknik Unggul LP3M yaitu dengan memaksimalkan program penerimaan mahasiswa baru melalui pemberian reward atau lebih dikenal dengan istilah member get member (MGM). Fokus utama dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis secara langsung 1) brand image terhadap customer value, 2) menganalisis brand image terhadap customer retention. Selanjutnya menganalisis secara tidak langsung 1) brand image terhadap customer loyalty melalui customer value 4) brand image terhadap customer loyalty melalui customer retention. Pendekatan penelitian ini yaitu analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa aktif pada tahun ajaran 2018/2019 pada kampus Politeknik Unggul LP3M yang terdiri dari 5 program studi yang berjumlah 316. Sedangkan metode penentuan sampel dengan non probability sampling yaitu dengan cara accidental sampling. Dimana peneliti mengambil 250 mahasiswa aktif untuk dijadikan sampel. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung 1) brand image berpengaruh signifikan terhahadap customer value, 2) brand image berpengaruh signifikan terhahadap customer retention. Sedangkan secara tidak langsung 3) brand image tidak berpengaruh signifikan terhahadap customer loyalty melalui customer value, 4) brand image berpengaruh signifikan terhahadap customer loyalty melalui customer retention.

Kata Kunci: Brand Image, Value, Retention, Loyalty

References

Atstsaqifi, Y., D.W, H., & Listyorini, S. (2014). Pengaruh Nilai Pelanggan, Citra Merek (Brand Image) dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kereta Api Kelas Ekonomi Tawang Jaya Jurusan Semarang-Jakarta (Studi Kasus di Stasiun Poncol DAOP IV, Semarang). Diponegoro Journal Of Social And Political Science, 1-10.

Felania. (2016). Pengaruh Mall Image Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Value Dan Customer Retention Sebagai Variabel Intervening Pada Mall Upper Class Di Surabaya. Jurnal Stategis Pemasaran, 1-9.

Hasan, A. (2013). Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.

Hendrayana, A. S. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Citra Serta Dampaknya Pada Loyalitas Mahasiswa. Image, 141-153.

I, F. B., & J, G. (2009). Epithelial Resealing. Int J Dev Biol: 1549-56.

Kartajaya, H. (2007). Hermawan kartajaya on Segmentation. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Khishandiri, A., Ariyanti, M., & Irawan, H. (2010). Pengaruh Dimensi Kualitas Hubungan Terhadap Program Retensi Pelanggan Serta Implikasi Kedua Variabel Tersebut Dalam Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan PT. Indosat Tbk Di Kota Bandung Tahun 2009. Jurnal Manajemen Indonesia, 135-148.

Kotler, P., & Keller, L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Nasib, & Amelia, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Citra Kampus Terhadap Loyalitas Mahasiswa Mengikuti Program Member Get Member (MGM) Melalui Kepuasan Mahasiswa Sebagai Variabel Intervening . Abdi Ilmu, 121-133.

Pramudyo, A. (2012). Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta). JBMA, 1-16.

Pusparani, P. A., & Rastini, N. M. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Pelanggan. Kamera Canon Digital Single Lens Reflex (DSLR) Di Kota Denpasar. Jurnal Hasil Riset, 1311-1319.

Soliha, S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Nilai Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Apotek Dela Semarang. Seminar Nasional & Call Papers, (pp. 1-16).

Subagio, A. R. (2015). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Produk Low Cost Green Car Astra Daihatsu Ayla di PT. Jolo Abadi, Malang). Malang: Universitas Brawijaya.

Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Atstsaqifi, Y., D.W, H., & Listyorini, S. (2014). Pengaruh Nilai Pelanggan, Citra Merek (Brand Image) dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kereta Api Kelas Ekonomi Tawang Jaya Jurusan Semarang-Jakarta (Studi Kasus di Stasiun Poncol DAOP IV, Semarang). Diponegoro Journal Of Social And Political Science, 1-10.

Felania. (2016). Pengaruh Mall Image Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Value Dan Customer Retention Sebagai Variabel Intervening Pada Mall Upper Class Di Surabaya. Jurnal Stategis Pemasaran, 1-9.

Hasan, A. (2013). Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.

Hendrayana, A. S. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Citra Serta Dampaknya Pada Loyalitas Mahasiswa. Image, 141-153.

I, F. B., & J, G. (2009). Epithelial Resealing. Int J Dev Biol: 1549-56.

Kartajaya, H. (2007). Hermawan kartajaya on Segmentation. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Khishandiri, A., Ariyanti, M., & Irawan, H. (2010). Pengaruh Dimensi Kualitas Hubungan Terhadap Program Retensi Pelanggan Serta Implikasi Kedua Variabel Tersebut Dalam Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan PT. Indosat Tbk Di Kota Bandung Tahun 2009. Jurnal Manajemen Indonesia, 135-148.

Kotler, P., & Keller, L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Nasib, & Amelia, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Citra Kampus Terhadap Loyalitas Mahasiswa Mengikuti Program Member Get Member (MGM) Melalui Kepuasan Mahasiswa Sebagai Variabel Intervening . Abdi Ilmu, 121-133.

Pramudyo, A. (2012). Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta). JBMA, 1-16.

Pusparani, P. A., & Rastini, N. M. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Pelanggan Kamera Canon Digital Single Lens Reflex (DSLR) Di Kota Denpasar. Jurnal Hasil Riset, 1311-1319.

Soliha, S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Nilai Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Apotek Dela Semarang. Seminar Nasional & Call Papers, (pp. 1-16).

Subagio, A. R. (2015). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Produk Low Cost Green Car Astra Daihatsu Ayla di PT. Jolo Abadi, Malang). Malang: Universitas Brawijaya.

Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Tyas, A. A., & Kenny, A. (2016). Pengaruh Srvice Quality Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Pada Inul Vtza Karoke Di Jakarta (Studi Kasus Pad Kepuasan Konsumen Inul Vitza Karoke Di Jakarta). Jurnal Ekonomi, 82-91.

Downloads

Published

2020-07-16

How to Cite

Amelia, R., & Ayani, S. (2020). OPTIMALISASI MEMBANGUN BRAND IMAGE TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MELALUI CUSTOMER VALUE DAN CUSTOMER RETENTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. EKONOMI BISNIS, 26(1), 268–279. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JEB/article/view/659