PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN BIRO ADMINISTRASI UMUM DAN PRODI MANAJEMEN DI UNP KEDIRI

Authors

  • Veny Lailia
  • Edy Djoko Soeprajitno

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap kualitas pelayanan Tenaga Kependidikan Biro Administrasi Umum dan Prodi Manajemen di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian ini Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang mengacu pada metode deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) persepsi mahasiswa terhadap kualitas pelayanan pada Biro Administrasi Umum dinilai kurang baik, hal itu didasari pada pernyataan beberapa mahasiswa bahwa fasilitas fisik kurang memadai dan kurangnya tenaga pendidikan dan pelayanan yang diberikan kurang memuaskan sebab mahasiswa harus mengantre lama. (2) persepsi mahasiswa terhadap kualitas pelayanan pada Prodi Manajemen dinilai sudah cukup baik, menurut beberapa mahasiswa proses pelayanan yang diberikan tenaga kependidikan pada Prodi Manajemen lumayan cepat, hanya saja saat ini Prodi Manajemen hanya memiliki 1 tenaga kependidikan.

Kata kunci: Persepsi, Kualitas Pelayanan, Mahasiswa

References

Jalaludin, R. (2012). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kanca, I. N. (2015). Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Layanan Akademik Jurusan Penjaskesrek.

Kotler, Phillip, & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (16th ed.). New Jersey: Pearson.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

Meilina, R. (2017). Pelayanan Publik dalam Perspektif MSDM. Kediri: Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (Cetakan Ke). Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Niara, J., Saputra, T., Sufi, W., Utami, B. C., & Kuning, U. L. (2018). Pengaruh persepsi mahasiswa terhadap kualitas pelayanan pegawai dibagian administrasi fakultas ilmu administrasi universitas lancang kuning. 11(1), 6–16.

Rahayu, A. P., Lubis, H. L., & Lubis, H. M. F. (2017). Persepsi Mahasiswa Jurusan PAI Terhadap Tingkat Pelayanan Administrasi Akademis di Universitas Dharmawangsa Medan Tahun 2016-2017. II(02), 138–161.

Sunaryo. (2011). Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: EGC Penerbit Buku Kedokteran.

Tjiptono, F. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi Offset.

Wibisana, G. W. (2017). Hubungan Kualitas Pelayanan Akademik Dengan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Keperawatan STIKES Jenderal A.Yani Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-07-16

How to Cite

Lailia, V., & Soeprajitno, E. D. (2020). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN BIRO ADMINISTRASI UMUM DAN PRODI MANAJEMEN DI UNP KEDIRI. EKONOMI BISNIS, 26(1), 280–295. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JEB/article/view/660