IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM GERAKAN BERSAMA RAKYAT ATASI KAWASAN PADAT KUMUH DAN MISKIN TERHADAP PENYEDIAAN RUMAH LAYAK HUNI DI KECAMATAN CISOKA KABUPATEN TANGERANG TAHUN 2019

  • Tb.Yudi Muhtadi Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Nadiyah Palestina Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan atau menjelaskan mengenai implementasi kebijakan program Gerakan Bersama Rakyat Atasi Kawasan Padat Kumuh dan Miskin terhadap penyediaan rumah layak huni di Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang tahun 2019. Permasalahan kemiskinan masih menjadi persoalan yang harus diperhatikan oleh Pemerintah baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang berupaya untuk mengentasan Kemiskinan dengan membuat Program GEBRAK PAKUMIS, dimana ProgramĀ  ini dalam bentuk bantuan hibah membangun adan merenovasi rumah-rumah yang tidak layak huni menjadi rumah layak huni bagi Masyarakat. Dalam implementasi kebijakan program GEBRAK PAKUMIS di Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang pada tahun 2019 berpedoman pada Peraturan Bupati Nomor 63 Tahun 2019 tentang Pedoman Pelaksanaan program GEBRAK PAKUMIS. Informan yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu dari pilar Pemerintah di Dinas Perumahan Permukiman dan Pemakaman, dan Lembaga terkait serta masyarakat penerima manfaat. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang menggunakan wawancara, dokumentasi dan obervasi. Untuk menguji keabsahan data dengan triangulasi. Hasil dari penelitian implementasi kebijakan program GEBRAK PAKUMIS masih belum masksimal berkaitan dengan anggaran, belum semua masyarakat menerimah hibah,waktu pengerjaan serta kualitas hasilperlu ditingkatkanl,tetapi Program GEBRAK PAKUMIS telah mendapat Penghargaan yang cukup baik dari Masyarakat mapun dari Pemerintah Pusat.Tujuan dan Penelitian ini memberikan kontribusi Kepada Pemerintah Daerah agar Impelementasi Program GEBRAK PAKUMIS dapat berjalan dengan Efektif dan Efisien.

References

DAFTAR PUSTAKA
Agustino, Leo. 2017. Dasar-dasar Kebijakan Publik Edisi Revisi. Bandung: CV. Alfabeta.
Agus, Erwan Purwanto dan Dyah Ratih Sulistyastuti. 2012. Implementasi Kebijakan Publik. Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.
Anggito, Albi & Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV. Jejak.
Dunn, W.N. 2003. Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Fadillah, Putra et.al. 2006. Gerakan Sosial. Malang: Averrors Press.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahab, A.S. 2008. Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
Winarno, Budi. 2008. Kebijakan Publik Teori dan Proses. Jakarta: PT. Buku Kita.
DOKUMEN :
Undang-undang Nomor 1 Pasal 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman.
Undang-undang Nomor 1 Pasal 19 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman.
Peraturan Bupati No 63 tahun 2019 yaitu tentang Pedoman Pelaksanaan Program GEBRAK PAKUMIS.
Rujukan Elektronik :
https://banten.bps.go.id/
Published
2021-01-25