Analisis TindakTutur Direktif dan Ekspresif serta Kesantunan Berbahasa dalam Percakapan Tokoh Novel Pulang Karya Tere Liye Sebagai Bahan Pembelajaran Siswa Kelas X SMAN Kabupaten Tangerang

Authors

  • Verawati Fajrin Universitas Islam Syekh Yusuf - Program Studi Manajemen

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tuturan percakapan tokoh dalam Novel Pulang karya Tere Liye yang didalamnya digambarkan dengan situasi dan kondisi yang berbeda-beda sehingga sangat memungkinkan terjadi ujaran-ujaran yang mengandung makna tersirat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan wujud tindak tutur direktif yang terdapat dalam percakapan tokoh novel Pulang karya Tere Liye; (2) Mendeskripsikan wujud tindak tutur ekspresif yang terdapat dalam percakapan tokoh novel Pulang karya Tere Liye; (3) Mendeskripsikan wujud strategi kesantunan berbahasa Brown dan Levinson yang terdapat dalam percakapan tokoh novel Pulang karya Tere Liye; dan (4) Mendeskripsikan penerapan hasil penelitian tindak tutur direktif, ekspresif, serta kesantunan berbahasa yang terdapat dalam percakapan tokoh novel Pulang karya Tere Liye sebagai bahan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia siswa Kelas X SMAN Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka, teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Pulang karya Tere Liye, cetakan keempat Oktober tahun 2015. Data dalam penelitian ini adalah tuturan-tuturan yang termasuk tuturan ilokusi yang berwujud direktif dan ekspresif serta kesantunan berbahasa. Berdasarkan temuan penelitian, diperoleh 229 data. Berdasarkan pembahasan hasil analisis data, dikemukakan simpulan sebagai berikut: (1) Wujud tindak tutur direktif yang ditemukan sebanyak 99 tuturan; (2) Wujud tindak tutur ekspresif yang ditemukan sebanyak 58 Tuturan; (3) Wujud strategi kesantunan berbahasa yang ditemukan sebanyak 72 data; dan (4) Hasil analisis dan temuan penelitian ini dapat dimanfaatkan khususnya untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menulis di SMA Kelas X semester 2.

Kata kunci : tindak tutur, strategi kesantunan berbahasa, novel Pulang

 

Abstract

This research was background by their utterances conversation figures in the novel Pulang works of Tere Liye in which depicted the situation and conditions different so it is possible occur utterances which contain implied meaning. The purpose of this research are (1) to describe a form of directive speech acts contained in conversational figures in the novel Pulang works Tere Liye, (2) to describe a form of expressive speech acts contained in conversational figures in the novel Pulang works Tere Liye, (3) to describe a form of strategy politeness Brown and Levinson contained in conversational figures in the novel Pulang works Tere Liye, and (4) Describe the application of research results of directive, expressive speech acts and politeness contained in conversational figures in the novel Pulang works Tere Liye as a learning Indonesian language and literature class student X SMAN Tangerang District. This research used descriptive qualitative method. The data collection technique used is the technique of literature, refer techniques and note technique. Data analysis technique used is content analysis. Sources of data in this research is novel Pulang work Tere Liye, fourth printing in October 2015. The data in this research are speechs that includes tangible directive illocutionary speech and expressive as well as politeness. Based on research findings show there are 229 data. Based on the discussion of the results of the data analysis, put forward the following conclusions: (1) The form of a directive speech acts found there are 99 utterances; (2) The form of expressive speech acts found there are 58 utterances; (3) The form of politeness strategies found there are 72 of the data; (4) The results of the analysis and findings of this research can be used in particular to create a lesson plan (RPP) High School Class X wrote in the 2nd half.

Keywords: speech acts, politeness strategies, novel Pulang

Author Biography

Verawati Fajrin, Universitas Islam Syekh Yusuf - Program Studi Manajemen

Saya bekerja sebagai dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Pendidikan terakhir saya adalah magister pendidikan Bahasa Indonesia.

References

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta : Rineka Cipta.

Cummings, Louise. 2007. Pragmatik Sebuah Perspektif Multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Diemroh, Ihsan. 2011. Pragmatik, Analisis Wacana, dan Guru Bahasa. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Djajasudarma, Fatimah T. 2006. Metode Linguistik Ancangan Metode Peneitian dan Kajian. Bandung: Eresco.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Duranti, Alessandro. 1997. Linguistic anthropology. Cambridge: Cambridge University Press.

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Foley, W. A. 1997. Anthropological Linguistics: An Introduction.Oxford: Blackwell Publishers.

Gunarwan, Asim. 2007. Pragmatik Teori dan Kajian Nusantara. Jakarta : Universitas Atma Jaya.

Harimurti, Kridalaksana. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Holgraves, Thomas. 2002. Language As Social Action: Social Psychology And Language Use. London: Lawrence Erlbaum Associates.

Iskandarwassid dan Dadang Suhendar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jabrohim. 1994. Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan FPBS IKIP Muhammadiyah.

Koentjaraningrat. 2015. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta:Rineka Cipta

Kushartanti, dkk. 2005. Pesona Bahasa Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Leech, Geoffrey N. 1993. Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia.

Lexy J, Moleong. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Levinson,S. 1983. Pragmatics. Cambridge: Cambridge University Press.

Liye, Tere. 2015. Sepotong Hati yang Baru. Jakarta : Mahaka Publishing.

Mahsun. 2006. Metode Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

___________. 2005. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mey, Jacob L. 2001. Pragmatics: An Introduction. Oxford: Blackwell Publishing.

Mulyasa. E. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Suatu Panduan Praktis. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Muslich, Mansur. 2009. KTSP (pembelajaran berbasis kompetensi dan kontekstual). Jakarta: Bumi Aksara.

Nababan,P.W.J. 1987. Ilmu Pragmatik (Teori dan Penerapannya). Jakarta: P2LPTK.

Nadar, F.X. 2013. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Utama.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010.Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pranowo. 2009. Berbahasa Secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Prasetyo,Bambang dan Lina M.Jannah. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Pujileksono, Sugeng. 2015. Pengantar Antropologi Memahami Realitas Sosial Budaya. Malang: Intrans Publishing.

Purwo, Bambang Kaswanti. 1990. Pragmatik dan Pengajaran Bahasa Menyibak Kurikulum 1984. Yogyakarta: Kanisius (Anggota IKAPI).

Rahardi, Kunjana. 2007. Berkenalan Dengan Ilmu Bahasa Pragmatik.Malang: DIOMA.

______________. 2005. Pragmatik. Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

______________. 2009. Sosiopragmatik. Jakarta: Erlangga.

Rahmanto, B. 1996. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius

Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Teori, Metode, Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Searle, John R. 1979. Expression and Meaning. Cambridge: Cambridge University Press.

Sperber, Dan & Deirdre Wilson. 1995. Relevance Communication and Cognition Second Edition. Oxford UK & Cambridge USA: Blackwell.

Sudaryanto. 1998. Metode Linguistik: Bagian Kedua Metode dan Aneka Teknik Pengumpulan Data. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sudirman, N, dkk. 1991. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2019-08-22

How to Cite

Fajrin, V. (2019). Analisis TindakTutur Direktif dan Ekspresif serta Kesantunan Berbahasa dalam Percakapan Tokoh Novel Pulang Karya Tere Liye Sebagai Bahan Pembelajaran Siswa Kelas X SMAN Kabupaten Tangerang. JIPIS, 28(1), 1–18. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/101