PENGARUH REVIEWS ONLINE TERHADAP MINAT BELI PADA APLIKASI SHOPEE.CO.ID MELALUI KEBUTUHAN KOGNISI (SURVEI PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN GAMA TANGERANG)

Authors

  • Aniek Widiarti Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Ati Yulia Universitas Islam Syekh-Yusuf

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reviews online tehadap minat beli (1) pengaruh kebutuhan kognisi terhadap minat beli (2) pengaruh reviews online dan kebutuhan kognisi secara bersama-sama terhadap minat beli (3). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei yang bersifat deskriptif-korelasional dengan pendekatan elaboration likelihood models (ELM). Populasi pada pelajar SMK Gama Tangerang yang menggunakan aplikasi Shopee.co.id. sampel sebanyak 120 responden dengan teknik judgement sampling. Uji validitas menggunakan Pearson sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis jalur (path) dengan bantuan analisis regresi berganda dan uji sobel menggunakan SPSS versi 21.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa reviews online berpengaruh positif terhadap minat beli dengan tingkat signifikansi 0.000˂0.05. Elaboration likelihood models dalam pendekatan deskripsif yang dikembangkan dalam penelitian menunjukkan bahwa pelajar di SMK Gama Tangerang lebih mengandalkan central route. Kebutuhan kognisi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli dengan tingkat signifikansi 0.062˃0.05. Reviews online dan kebutuhan berpengaruh positif terhadap minat beli dengan tingkat signifikansi 0.000˂0.05 dan terdapat pengaruh tidak langsung reviews online terhadap minat beli yang di mediasi secara parsial oleh kebutuhan kognisi sebesar 0.154.

Downloads

Published

2019-12-01

How to Cite

Widiarti, A., & Yulia, A. (2019). PENGARUH REVIEWS ONLINE TERHADAP MINAT BELI PADA APLIKASI SHOPEE.CO.ID MELALUI KEBUTUHAN KOGNISI (SURVEI PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN GAMA TANGERANG). JIPIS, 28(2), 33–43. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/323