Analisis Pembelajaran IPS Terpadu Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu (Studi Kasus SLB N Purwosari Kudus dan SLB B Yaspenlub Demak Tahun Pelajaran 2019/2020)

Authors

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kurikulum, sarana dan metode dalam pembelajaran IPS terpadu di SMALB B (Tunarungu) Purwosari, Kabupaten Kudus dan SLB B  Yaspenlub Demak tahun Pelajaran 2019/2020. Studi kasus digunakan sebagai metode dalam penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi, penyajian dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan dalam kurikulum yang digunakan adalah kurikulum khas yang dirancang untuk peserta didik dengan keterbatasan fisik (tunarungu). Kurikulum ini 60% berbasis materi keterampilan dan sisanya berupa materi umum. Adapun metode pembelajarannya menggunakan metode dua metode khusus, yaitu medode kelompok (demonstrasi, drill dan karya wisata); dan metode individu (Q & A, face to face, dan oral). Sarana penunjang pembelajaran khusus terdiri dari ruang khusus yang dilengkapi alat-alat khusus guna meningkatkan potensi dapat diperbaiki maupun dikembangkan utamanya dalam komunikasi secara verbal maupun tekstual. Akan tetapi sarana pembelajaran pada SLBN Purwosari Kudus lebih lengkap dibandingkan SLB B Yaspenlub Demak.

References

Al-Qur’an. (2016). Al Qur’an dan Terjemahannya. Semarang: Thoha Putra.

Amaliyah, RR. (2014). Penerapan Metode Ceramah Dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Di SMA Negeri 44 Jakarta, Jurnal Studi Al-Qur’an: Membangun Tradisi Berfikir Qur’ani, 10 (2): 182-195.

Darmawan, Thony Rohmat. (2016). Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu (Studi Kasus SMPLB Negeri Salatiga), Jurnal Studi Al-Qur’an: Membangun Tradisi Berfikir Qur’ani, 10 (2): 182-195.

Desmita, (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Falaq, Yusuf, (2020). Pendidikan Kewarganegaraan (Merajut Moderasi Kebhinekaan Indonesia), Kudus: JF Press.

Koentjoroningrat, (2011). Metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia.

Mufti Salim, Soemangsa Soemarsono, (2013). Pendidikan Anak Tunarungu, Jakarta: Gramedia.

Musthafa Fahmi, (2012). Penyesuaian Diri “Pengertian Dan Peranannya DalaM Kesehatan Mentalâ€, Bandung: Bulan Bintang.

Permanarian Somad dan Yati Hernawati, (2015). Ortopedagogik Anak Tunarungu, Depdikbud, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek PendidikanTenaga Guru.

Sastrawinata, (2012). Pendidikan Anak Tunarungu, Jakarta: Kemendikbud.

Soelaiman Joesoef, Slamet Santoso, (2014). Pengantar Pendidikan Sosial, Surabaya: Usaha Nasional

Downloads

Published

2020-09-01

How to Cite

Falaq, Y. (2020). Analisis Pembelajaran IPS Terpadu Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu (Studi Kasus SLB N Purwosari Kudus dan SLB B Yaspenlub Demak Tahun Pelajaran 2019/2020). JIPIS, 29(2), 79–87. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/646

Issue

Section

Articles