KESIAPAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 (Studi Kasus pada SMK Lab Business School Tangerang)

Authors

  • Dadang Saepuloh Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Syekh-Yusuf

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru dalam melaksanakam pembelajaran Kurikulum 2013 di SMK Lab Business School Tangerang.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus dengan metode penyebaran angket dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMK Lab Business School Tangerang yang berjumlah 33 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode wawancara dan kuesioner, dengan skala penilaian 4 sampai 1 atau 4 pilihan jawaban. Berdasarkan perhitungan kuesioner yang telah disebarkan kepada responden, dapat diketahui bahwa kesiapan guru dikategorikan sudah baik. Sebagian besar guru sebanyak 96,89% sudah memiliki kesiapan dalam melaksanakan pembelajaran Kurikulum 2013. Sedangkan ada beberapa guru yang belum memahami kesiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran kurikulum 2013 dengan jumlah sebesar 3,11%.

Kata kunci: Kesiapan guru, kurikulum 2013

Abstract

This study aims to study the readiness of teachers in implementing 2013 Curriculum learning at SMK Business School Tangerang. This research is a case study qualitative study with questionnaires and interviews. The population of this study were all teachers of SMK Business School Tangerang, 32 teachers. The technique of collecting data of this study is using interview methods and questionnaires, with an answer scale of 4 to 1 or 4 answer choices. Based on the calculation of the questionnaire that has been distributed to the respondents, it can be seen that the readiness of the teacher has been categorized as good. Most of the teachers as many as 96.89% already have readiness in implementing 2013 Curriculum learning. While there are some teachers who have not completed the readiness of teachers to work on 2013 curriculum learning with an amount of 3.11%.

Keywords: Teacher readiness, 2013 curriculum 

References

Arikunto, Suharsimi (2006) Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta

Aris Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Ar-Ruzz Media

Abdul Majid, 2013. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Abdul Majid, 2014. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Bahrun Kartowowagira, dkk. 2013. Kesiapan SMP di Daerah Istimewa Jogyakarta untuk Implementasi Kurikulum.

Direktur Jendral Pendidikan Dasar (2013), Sistem Penilaian Kurikulum 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fauziah. Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Vol 2 no 13.

Faridah Alwiyah. Dampak Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Guru. Jurnal Vol V no 19.

Hamalik, Oemar. 2007. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya

H.E Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jacoba, Matital. 2009. Evaluasi Penerapan Kurikulum pada SMAN di kota Ambon. Jurnal Pendidikan.

Kemendiknas. Permendiknas Nomor 22 tahun 2006 http:academic.edu

Kunandar. 2013. Penelitian Autentik berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Moleong, IJ. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2009. Menjadi Guru Professional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution S. 2008. Asas-Asas Kurikulum. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aska.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republic Indonesia Nomor 81 Tentang Implementasi Kurikulum 2013.

Pedoman Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan

Sugiyono Metode Penelitian Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sofan Amri Pengembangan Dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Downloads

Published

2018-09-04

How to Cite

Saepuloh, D. (2018). KESIAPAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 (Studi Kasus pada SMK Lab Business School Tangerang). JIPIS, 27(1), 33–50. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/84