Hubungan Budaya Kerja Dan Kreativitas Mengajar Dengan Kompetensi Profesional Guru

Authors

  • Suryati Suryati SD Negeri Total Persada
  • Edi Mulyadi Program Pascasarjana Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Hikmat Hikmat Program Pascasarjana Universitas Islam Syekh-Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/jp.v3i1.2425

Abstract

Penelitian ini membahas tentang hubungan budaya kerja dan kreativitas mengajar dengan kompetensi profesional guru di SD Negeri Total Persada Kecamatan Periuk Kota Tangerang. Penelitian menggunakan metode deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif dengan metode survey deskriptif korelasional ini bertujuan untuk melihat apakah antara tiga variabel tersebut memiliki korelasi atau tidak. Teori korelasi yang digunakan adalah product moment. Adapun teknis statistik inferensial menggunakan program statistik SPSS mencakup koefisien korelasi sederhana, berganda, parsial dan determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Adanya hubungan positif dan signifikan antara budaya kerja dengan kompetensi profesional guru dengan nilai 0,675; 2) Adanya hubungan positif dan sangat signifikan antara kreativitas mengajar dan kompetensi profesional guru dengan nilai 0,857; 3) Adanya hubungan positif dan sangat signifikan antara budaya kerja dan dan kreativitas mengajar secara bersama-sama dengan kompetensi profesional guru dengan nilai 0,859. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di SD Negeri Total Persada Kecamatan periuk Kota Tangerang, perlu ditingkatkan budaya kerja dan kreativitas mengajar.

Kata Kunci: Budaya Kerja, Kreativitas Mengajar, Kompetensi Profesional Guru

Downloads

Published

2022-04-22

Issue

Section

Articles