Analisa Keputusan Pembelian Produk Makanan Dan Minuman Yang Di Impresi Oleh Label Halal

Authors

  • Limbarrian Purba Suswanto Program Pascasarjana Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Teuku Fajar Shadiq Program Pascasarjana Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Arfiyani Yulianti Fiyul Program Pascasarjana Universitas Islam Syekh-Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/jp.v3i1.2431

Abstract

Pengetahuan masyarakat Indonesia semakin baik dalam hal mengkonsumsi makanaan dan minuman halal sesuai dengan syariat agama, apakah hal tersebut menjadi salah satu yang mempengaruhi keputusan pembelian? Khususnya di bandara yang merupakan tempat lalulintas orang banyak untuk ke berbagai macam tujuan diwilayah indonesia maupun mancanegara. Dalam keputusan pembelian banyak hal atau faktor yang mempengaruhi. Dalam penelitian ini penulis menganalisa harga, kualitas, merek dan label halal sebagai variabel yang mempengaruhi dalam pengambilan keputusan pembelian. Metode yang digunakan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) analysis dengan pendekatan berdasarkan variance atau component based structural equation modeling, da menggunakan aplikasi SmartPLS 3.3. Dari 10 hipotesa dapat disimpulkan hasil penelitian sebagai berikut terdapat hubungan pengaruh langsung secara signifikan antara harga, kualitas, dan label halal terhadap keputusan pembelian, namun terdapat pengaruh tidak signifikan antara merek terhadap keputusan pembelian, selanjutnya terdapat pengaruh tidak langsung secara signifikan antara kualitas dan harga terhadap keputusan pembelian melalui label halal sehingga hubungan yang terjadi dapat disebut partial mediation. Dan terdapat pengaruh tidak langsung secara signifikan antara merek terhadap keputusan pembelian melalui label halal sehingga hubungan yang terjadi disebut perfect mediation.

Kata Kunci : Harga, Kualitas, Merek, Label Halal dan Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2022-04-22

Issue

Section

Articles