Publication Ethics

Etika publikasi Redaksi “Supremasi Hukum” didasarkan pada panduan “COPE” untuk editor jurnal:

 

 

Penetapan Publikasi

Editor bertanggung jawab untuk menetapkan artikel yang dapat diterbitkan dari sekian artikel yang ter-submit. Editor dipandu oleh kebijakan dari dewan redaksi jurnal dan dibatasi oleh ketentuan hukum, seperti mulai berlaku mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Editor dapat berdiskusi dengan editor atau reviewer lain dalam membuat keputusan tersebut.

Kejujuran (Keadilan)

Setiap editor mengevaluasi konten naskah tanpa memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, etnis, kewarganegaraan, atau pandangan politik penulis.

Kerahasiaan

Editor dan setiap staf editorial tidak diperbolehkan untuk mengungkapkan informasi apapun tentang naskah kepada orang lain selain penulis naskah, reviewerreviewer lainnya yang berpotensi, dan penerbit yang sesuai.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Hal-hal yang tidak layak untuk dipublikasikan, dalam manuscript artikel tidak diperbolehkan tanpa pernyataan tertulis dari penulis.

KEWAJIBAN REVIEWER

Kontribusi untuk Keputusan Editorial

Peer review membantu editor dalam membuat keputusan dan melalui komunikasi dengan penulis juga dapat membantu penulis dalam memperbaiki artikel.

Kerahasiaan

Setiap naskah yang diterima untuk proses review, diperlakukan sebagai dokumen rahasia yang tidak boleh ditampilkan atau dibahas dengan pihak lain kecuali melalui pengesahan editor.

Standar Objektif

Proses review dilakukan secara objektif, kritikan personal terhadap penulis tidak diperbolehkan. Reviewer harus menyatakan pandangan mereka secara jelas dengan didukung oleh argumen.

 

Pengakuan Sumber (Daftar Pustaka)

Reviewer harus mengidentifikasi referensi yang relevan yang belum dicantumkan oleh penulis. Pernyataaan yang menjadi fokus amatan, turunan teori, atau argumen yang sebelumnya telah diungkapkan harus dibandingkan dengan sumber yang relevan. Reviewer juga diperbolehkan untuk memperhatikan kesamaan substansi antara manuscript dengan berbagai pertimbangan serta dengan publikasi lainnya yang sesuai dengan pemahaman yang dimiliki.

Pengungkapan dan Benturan Kepentingan

Informasi atau ide penting yang diperoleh melalui proses review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi.

KEWAJIBAN PENULIS

Standar Pelaporan

Penulis laporan penelitian harus menyatakan keakurasian laporan secara objektif. Data pokok harus dinyatakan secara akurat di dalam artikel. Artikel harus mengandung detail dan petunjuk yang cukup untuk mengizinkan orang lain untuk mereplikasi penelitian. Kecurangan atau ketidakakuratan pernyataan yang pada akhirnya diketahui sikap yang tidak etis dan tidak diperbolehkan.

Orisinalitas dan Plagiarisme

Penulis harus memastikan bahwa mereka melaporkan hasil kerja sendiri dan jika penulis menggunakan hasil penelitian lain harus dinyatakan secara tepat.

Pengakuan Sumber

Pernyataan dari penelitian lain harus disajikan. Penulis harus mengutip publikasi yang telah berpengaruh dalam penentuan keaslian laporan ilmiah.