ANALISIS PRODUKTIVITAS DEPARTEMEN SERVIS PADA PT TI DENGAN METODE OBJECTIVE MATRIX (OMAX)

  • Eko Maulana Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
  • Surya Perdana Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

Abstract

PT TI merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri fasilitas tata udara, perusahaan tersebut mengalami penurunan produktivitas di bulan Mei 2019. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab turunnya produktifitas dan memengetahui solusi dari masalah turunnya produktifitas tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Objective Matrix (OMAX). Dari hasil penelitian diketahui terdapat penurunan kualitas jasa teknisi pada proses job order repair dan pemasangan mesin chiller baru (startup) yang berdampak kepada komplain customer. komplain tersebut berdampak kepada pengerjaan ulang, sehingga penggunaan matrial berlebih yang tidak dibebankan kepada customer meningkat. Hal ini juga berdampak kepada penurunan jumlah order yang cukup besar disebabkan kepercayaan konsumen menurun. Kedua hal tersebut merupakan penyebab utama turunnya produktivitas. Solusi yang dapat dilakukan untuk memeperbaiki hal tersebut adalah memberikan evaluasi dan pelatihan ulang pada teknisi agar lebih teliti kembali dalam menyelesaikan job order repair dan startup sehingga tidak terjadinya pekerjaan ulang. Dengan meningkatnya kualitas teknisi maka kepercayaan customer akan meningkat.

References

Avianda, D., Yuniati, Y. & Yuniar. (2014). Strategi Peningkatan Produktivitas Di Lantai Produksi Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX) pada PT. Agronesia BMC. Jurnal Jurusan Teknik Industri Itenas, Vol. 01(04) April 2014.
Fani Tania, Mujiya Ulkhaq. Pengukuran dan Analisis Produktivitas di PT Tiga Manunggal Synthetic Industries PT. Timatex Dengan Menggunakan Metode Objecticve Matrix (OMAX). Jurnal Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro.
Gaspersz, Vincent, & Fontana, Avanti. (2012). Lean Six Sigma for Manufacturing and Service Industries Jilid Kedua. Penerbit Vinchristo Publication, Bogor.
Hamdani, Mohammad. (2017). Analisis Produktivitas Menggunakan Metode Objective Matrix: Studi Kasus Di Auto2000 Kenjeran. Skripsi. Surabaya; Program Pasca Sarjana, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Hamidah, N.H., Deoranto, P., & Astuti,R. (2013). Analisis Produktivitas Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX): Studi Kasus Pada Bagian Produksi Sari Roti PT. Nippon Indosari Corporindo, Tbk Pasuruan. Jurnal Teknologi Pertanian, Vol. 14(3), 215-222.
Nasution, M. N. (2005). Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management, Edisi Kedua, Ghalia Indonesia, Bogor.
Nurdin, Riani. Yasrin Z. (2005). Pengukuran dan Analisis Produktivitas Lini Produksi PT. XYZ dengan menggunakan Metode Objective Matrix. Dalam Jurnal Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknologi Adisujipto (STTA). Yogyakarta.
Priansa, Doni Juni,. (2017). Manajemen Kinerja Kepegawaian. Bandung: CV Pustaka Setia.
Rajulian, Wahideseya. (2019). Evaluasi Performansi Produktivitas Trafo 100kva Pada Production Line 1 Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX) Di PT Trafoindo Prima Perkasa. Skripsi. Jakarta; Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana.
Rini Setiowati. (2017). Analisis Pengukuran Produktivitas Departemen Produksi dengan Metode Objective Matrix (OMAX) pada CV Jaya Mandiri. Jurnal Program Studi Teknik Industri, Faktor Exacta 10 (3): 199-209, 2017
Sinungan, M. (2005). Analisis Peningkatan Produktivitas di Lantai Produksi dengan Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX). Edisi Kedua. Penerbit PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Sumanth, David J. (1985). Productivity Engineering and Management. New York: Mc Graw – Hill Book Company.
Tjahjo Tamtomo, Aryandito. (2008). Pengukuran Produktivitas Proses Produksi PT. Halco Dengan Menggunakan Alat Ukur OMAX (Objectives Matrix). Tesis. Universitas Indonesia. Jakarta
Suparto dan M. Hamdani. (2019). Analisis Pengukuran Produktivitas Dengan Metode Objective Matrix (OMAX) Pada Departemen Service PT Astra International Tbk Auto 2000 Cabang Kenjeran. Jurnal Teknik Industri ITATS. Prosiding SENDI_U 2019 ISBN: 978-979-3649-99-3.
Published
2020-12-25