ANALISIS PRODUKTIVITAS BERDASARKAN PROSES PRODUKSI PANEL LISTRIK DI PT EXABB ENERGI NUSANTARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE AMERICAN PRODUCTIVITI CENTER MODEL (APCM)

  • Fahmi Fadilah Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
  • Surya Perdana Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

Abstract

PT Exabb Energy Nusantara merupakan salah satu produsen manufacturing dibidang Electrical Instrumen System Solution dan Countracting yang memproduksi panel listrik.. Masalah yang harus dihadapi dari tahun ke tahun seperti tenaga kerja yang kurang produktif, pembelian bahan baku yang terlau boros, pemakaian daya listrik terlalu berlebihan dan besarnya modal yang dikeluarkan oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat produktivitas, tingkat profitablitas tingkat perbaikan harga dan sekaligus mengetahui cara penanganan yang tepat agar tidak terjadi penurunan produktivitas pada perusahaan ini. Penelitian ini menggunakan metode APCM (American Productivity Center Model) dapat memberikan masukan bagi perusahaan mengenai tingkat produktivitas profitabilitas serta perbaikan harga perusahaan. Berdasarkan hasil pengukuran yang didapat selama tahun 2016 sampai dengan 2019, bahwa rata-rata nilai produktivitas mencapai indeks 3219,54, pada tingkat profitabilitas mencapai nilai dengan rata-rata indeks 60,97 dan pada tingkat perbaikan harga mencapai nilai dengan rata-rata indeks 0,37. Dengan demikian perusahaan masih sangat perlu mengoptimalkan pada tingkat produktivitas, tingkat profitabliitas dan tingkat perbaikan harga, dengan cara mengatasi cara pemakaian energi agar tidak terlalu boros, memanfaatkan tenaga kerja agar lebih efektif dan efisien, mengemat cara pemakaian bahan baku, dan memperkecil biaya modal semaksimal mungkin, pada perusahaan, dalam pencapaian proses produksi pada panel listrik.  

References

Ali, A., Syarifuddin, & Manik, T. H. S. (2018). Pengukuran Produktivitas Menggunakan Metode American Productivity Center (APC) di PT. Ima Montaz Sejahtera. Industrial Engineering Journal, 7(2), 11–17.
Deoranto, P., Harwitasari, A., & Ikasari, D. M. (2016). Analisis Produktivitas dan Profitabilitas Produksi Sari Apel dengan Metode American Productivity Center di KSU Brosem. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(3), 114–124.
Fithri, P., & Sari, R. Y. (2015). Analisis Pengukuran Produktivitas Perusahaan Alsintan CV Cherry Sarana Agro. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 14(1), 138–155.
Hadi, Y., Irawan, R., & Kelana, O. H. (2018). Peningkatan Produktivitas UMKM Menggunakan Metode American Productivity Center. Jurnal Metris, 19, 7–18.
Hanif, I., Maflahah, I., & Fahkry, M. (2019). Analisis Produktivitas Dengan Metode APC (American Productivity Center) Roti Pia Pada IRT Pia Latief Kediri. AGROINTEK, 13(2), 143–154.
Jalal, A., & Kusumawati, H. (2016). Analisis Produktivitas Pembuatan Kain Grey dengan Pendekatan Metode American Productivity Center dan Cobb-Douglas. Teknoin, 22(4), 239–251.
Kusumanto, I., & Hermanto, S. H. (2016). Analisis Produktivitas PT Perkebunan Nusantara V (PKS) Sei Galuh Dengan Menggunakan Metode American Productivity Center (APC). Jurnal Teknik Industri, 2(2), 128–137.
Ristanti, D. M. R., Lukmandono, & Prabowo, R. (2018). Analisis Produktivitas Dengan Pendekatan Metode APC Di Perusahaan Jasa Uji Tak Merusak/NDT. Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2018), 469–477.
Published
2020-12-25