ANALISIS DAN MITIGASI RISIKO PROSES PENGIRIMAN BARANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE HOUSE OF RISK PADA PT Z

  • Meiko Dwi Saputra Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
  • Surya Perdana Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

Abstract

PT Z adalah perusahaan ekspedisi yang melayani pengiriman barang berupa paket dan dokumen untuk perorangan atau perusahaan, penjual maupun pembeli. Dalam aktivitas supply chain perusahaan banyak terjadi masalah yang menggangu ketidakefektifan dan kurangnya efisiensi pada kinerja proses pengiriman barang. Banyak faktor yang mengakibatkan proses pengiriman barang menjadi terhambat dan tidak dapat berjalan dengan lancar. Faktor-faktor tersebut muncul dan menjadi sebuah risiko. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan sumber risiko dan mitigasi risiko yang terjadi pada PT Z. Untuk menangani masalah yang ada pada perusahaan digunakan metode House Of Risk (HOR). Metode tersebut akan membahas mengenai manajemen risiko dengan mengidentifikasi risiko dan menentukan prioritas sumber risiko serta strategi mitigasi dari setiap risiko yang ada. Hasil yang didapat pada proses pengiriman barang terdapat 17 risk event dan 28 risk  agent. Hasil dari HOR fase 1 diketahui terdapat 6 agen risiko dominan dan pada HOR fase 2 didapat 8 aksi mitigasi risiko yaitu melakukan pengecekan ulang, penambahan tenaga kerja, memberikan pengawasan terhadap karyawan, memonitoring setiap kegiatan pusat transit, menjalin komunikasi yang baik dengan pihak pusat transit, membatasi jumlah pengiriman barang, memberikan pelatihan secara berkala serta memberikan saran dan masukan kepada konsumen.

References

Octavia, C. W., Magdalena, R., & Prasetya, W. (2019). Implementasi House of Risk dalam Strategi Mitigasi Penyebab Risiko pada Aktivitas di Bagian Produksi PT . XYZ. Jurnal Metris, 20, 58–70.
Pertiwi, Y. E., & Susanty, A. (2017). Analisis Strategi Mitigasi Resiko Pada Supply Chain Cv Surya Cip Dengan House Of Risk Model. Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, 1-10.
uji, A. A., & Mansur, A. (2018). Analisis Dan Perbaikan Manajemen Risiko Rantai Pasok Safirah Collection Dengan Pendekatan House Of Risk. Seminar Nasional IENACO. 449-456.
Trenggonowati, D. L., & Pertiwi, N, A. (2017). Analisis Penyebab Risiko dan Mitigasi Risiko dengan Menggunakan Metode House Of Risk Pada Divisi Pengadaan PT XYZ. Journal Industrial Servicess, 3, 1, 1–7.
Ulfah, M. (2019). Prioritas Mitigasi Risiko Rantai Pasok Dengan Pendekatan House Of Risk Di IKM Permata. Journal Industrial Servicess, 4, 2, 76–81.
Vikaliana, R. (2017). Faktor-Faktor Risiko Risiko Dalam Perusahaan Jasa Pengiriman. Jurnal Logistik Indonesia, 1, 1, 68–76.
Published
2020-12-25