PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS KEWIRAUSAHAAN PADA PAGUYUBAN REMAJA KUSUMA KELURAHAN KELAPA INDAH KOTA TANGERANG

  • Ilham Aji Pangestu Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Ria Kurniawati Universitas Islam Syekh-Yusuf

Abstract

Pemberdayaan masyarakat yang berpotensi untuk dikembangkan salah satunya adalah melalui paguyuban remaja. Paguyuban Remaja Kusuma, merupakan suatu perkumpulan remaja dilingkungan RT.02 RW.04, Kelurahan Kelapa Indah, Kota Tangerang. Adapun potensi yang dapat dikembangkan adalah program yang bersifat produktif dalam hal ini yaitu kewirausahaan. Tim melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat, berupaya mengoptimalkan program dan potensi Paguyuban Remaja Kusuma khususnya dalam bidang kewirausahaan. Melaui program Pengabdian Kepada Masyarakat, tim sebagai fasilitator berupaya mewujudkan suatu program pemberdayaan masyarakat berbasis kewirausahaan yang meliputi pelatihan dan pendampingan. Adapun tujuan dari program ini adalah pertama, membentuk  mitra yang terampil dan ahli dalam berwirausaha,  kedua, membentuk mitra yang kreatif dan inovatif,  dan ketiga,  membentuk mitra yang mandiri. Adapun metode pelaksanaan program dilaksanakan yaitu pertama penyuluhan, metode ini meliputi self building mitra. Kedua, pendampingan, metode ini merupakan implementasi dari program penyuluhan. Berdasarkan hasil pelaksanaan pada tahap penyuluhan, diketahui bahwa ada peningkatan kesadaran, motivasi, dan minat mitra terhadap kewirausahaan, selain itu belum optimalnya pelaksanaan program pada tahap pendampingan.

References

Abdul Malik, S. E. M. (2017). Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal melalui Pemberdayaan Masyarakat. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1), 87–101.
Araniri, N. (2016). Implementasi Tahapan Pemberdayaan Kewirausahaan Masyarakat Melalui Program Community Development Zona Madina Dompet Dhuafa Di Desa Jampang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Jajat S. Ardiwinata, D. M. (2018). Community Education In Community Development. Empowerment, 7(1).
Kartasasmita, G. (1998). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Rangka Membangun Perekonomian Yang Berlandasakan Pancasila. Studi Pembangunan, I(1), 1.
Noor, M. (2011). Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Civis, I(2), 87–99.
Sutaat. (2012). Pemberdayaan Masyarakat Daerah Perbatasan Antar Negara; Studi Masalah, Kebutuhan Dan Sumber Daya Sosial Desa Jagoi, Kecamatan Jagoi Babang - Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat ( Social Empowerment In Border Area ; Study Of Problems, Needs And Resource. Sosiokonsepsia, 17(01), 52–71.
Versloot, P. H., Praag, C. M. Van, & Versloot, P. H. (2007). What Is the Value of Entrepreneurship ? A Review of Recent Research. IZA.
Wahyu Tri Trisnani. (2014). Pemberdayaan Pemuda Melaluiprogram Usaha Ekonomi Produktif Oleh Karang Taruna Jayakusuma Di Desa Singosaren Banguntapan Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta.
White, S. N. Ben. (2012). Generasi Antara : Refleksi tentang Studi Pemuda Indonesia. Studi Pemuda, I(2), 89–106.
Wibawa, L. (2013). Pemberdayaan Pemuda Melalui Social Capital. Proceeding Seminar NasioNal, 137. Yogyakarta.
Published
2020-12-25