ANALISA STRATEGI MANAJEMEN FATIK PADA AVIASI

  • Agus Iwan Mulyanto Universitas Islam Syekh Yusuf-Tangerang
  • Anggih Perian Guswan Putra
  • Chairiel Oktaviar Universitas Mercu Buana
  • Erialdy Erialdy Universitas Islam Syekh Yusuf-Tangerang

Abstract

Artikel ini menganalisa berkaitan Fatigue Risk Management System (FRMS) telah didefinisikan oleh ICAO sebagai sarana berbasis data untuk terus memantau dan menjaga risiko keselamatan terkait fatique, berdasarkan pada prinsip-prinsip ilmiah dan pengetahuan serta pengalaman operasional yang bertujuan untuk memastikan personil yang relevan bekerja di tingkat kewaspadaan yang memadai ditengah new normal ini. Metode yang dipergunakan pada penelitian ini yaitu kepustakaan yang dilakukan dengan merujuk pada artikel jurnal, repositori, liputan media massa, media sosial dan semua sumber daya yang dapat diakses online. Data yang diperoleh dengan mengkategorikan masalah mengacu pada sumber yang tersedia untuk analisis daripada menggunakan teknik triangulasi dengan teori, dalam hal ini, teori penerbangan komunikasi dan teori Fatique oleh buku manual ICAO. Hasilnya mengarah kepada kurang tidur yang menjadi penyumbang utama fatique yang, pada gilirannya, dapat sangat mempengaruhi keselamatan penerbangan. Kurang tidur dapat menyebabkan konsentrasi yang buruk, peningkatan iritabilitas dan kelesuan. Kebanyakan orang telah mengalami gejala-gejala ini, tetapi terlepas dari pengalaman mereka, banyak yang terus beroperasi dengan penurunan tidur dan karena itu membuat orang lain dalam risik, ketika mempertimbangkan crew member lainnya, fokus pada manifestasi mental seperti peningkatan waktu respons dan error kecil, serta pengurangan komunikasi sosial dan penerimaan pesan yang buruk. Reaksi ini tidak mengejutkan karena kebanyakan orang tidak suka percaya kalau kinerja mereka menurun tetapi akan dengan mudah menunjukkan ketika kinerja orang lain menurun.

References

Åkerstedt, T., & Gillberg M. (1990) Subjective and objective sleepiness in the activeindividual. The International Journal of Neurosciences, 52(1-2), 29-37.
Åkerstedt, T., Folkard, S. & Portin, C. (2004). Predictions from the three-process modelof alertness. Aviation, Space, and Environmental Medicine, 75 (3), section II, A75-A83.
Bourgeois-Bourgrine S., Cabon P., Gounelle C., Mollard R., Coblentz A. - Perceived Fatigue for Short- and Long-Haul Flights: A Survey of 739 Airline Pilots.- Aviation, Space, and Environmental Medicine, vol. 74, n° 10, 2003, pp. 1072-1077.
Bourgeois-Bourgrine S., Cabon P., Gounelle C., Mollard R., Coblentz A., Speyer J.J.- Fatigue in aircrew from short-haul flights in civil aviation: the effects of work schedules.- Human Factors and Aerospace Safety: An International Journal, vol. 3, n° 2, 2003, pp. 177-187.
Cabon P., Bourgeois-Bougrine S., Mollard R., Coblentz A., Speyer J.J. - Flight and Duty Time Limitations in Civil Aviation and Their Impact on Crew Fatigue: A comparative Analysis of 26 National Regulations.- Human Factors and Aerospace Safety: An International Journal, vol. 2, n° 4, 2002, pp. 379-393.
Cabon, P., Bourgeois-Bougrine, S., Mollard, R., Coblentz, A., & Speyer, J.-J. (2002). Flight and duty time limitations in civil aviation and their impact on crew fatigue comparative analysis of 26 national regulations. Human Factors and Aerospace Safety,2(4), 379-393.
Cabon, P., Cointot, B., & Coblentz, A. (2001). Baisse de vigilance et accidents surautoroutes. Urgence Pratique, 47, 75-78.
Cabon, P., et al. - Coping with long range flying. Recommendations for crew rest and alertness., Airbus, Nov 1995.
Cabon, P., Mollard, R., Debouck, F., Chaudron, L., Grau; J.Y., Deharvengt, S. Toward a fatigue Risk Management System: application for the regional French airlines. In: Proceedings of the 79th Aerospace Medical Association Annual Scientific Meeting, Boston, MA, 4-7 May 2008.
Civil Aviation Authority of New Zealand (2007a). Part 121 Air Operations: Largeaeroplanes. Wellington: Civil Aviation Authority of New Zealand, 117 pp.
Dawson, D., & McCullough, K. (2004). Managing Fatigue as an Integral part of a Fa-tigue Risk Management System. ISASI, 2004, Australia.
Deharvengt, S. (2007). Barriers to Regulating Resilience: Example of Pilots’ CrewResource Management Training. Resilience Engineering Workshop, Vadstena, Sweden.25–27 June, 2007
Folkard, S., Spencer, M. & Robertson, K. (2007). A Fatigue/Risk Index to assess workschedules. Somnologie 11:177–185.Stewart, S. (2006). An Integrated System for Managing Fatigue Risk Within a Low CostCarrier. Proceedings of the International Aviation Safety Seminar, Flight Safety Founda-tion, October 23-26, Paris, France
Gundel, A., and H.M. Wegmann - Transition between advance and delay responses to eastbound transmeridian flights. Chronobiol. Int. 6: 147-156, 1989.
Hollnagel, E. (2004). Barriers and accident prevention. Aldershot, UK: Ashgate. 226 p.Horne, J. & Reyner, L. (1998) Vehicle accidents related to sleep: a review. Occupationaland Environmental Medicine, 56, 289-294
Lyman, E. G., Orlady, H. W. - Fatigue and Associated Performance Decrements in Air Transport Operations. NASA Ames Research Center, Battelle Columbus Laboratories, ASRS Office. 1980
Mahon, G. & Cross, T. (1999). The Fatigue Management Program: Alternatives toprescription. Queensland Transport: Queensland, Australia.
Mollard, R. Cabon, P. Normier, V., Debouck, F., & Grau, J.Y. (2006). Analyse de laproblématique scientifique et opérationnelle liée aux repos réduits et aux temps de servi-ce étendus pour les personnels navigants français Lot 5 : Rapport de synthèse. Proposi-tion de mise en place d'un observatoire Fatigue - Sécurité. Paris: LAA.- (Doc. A.A.537/06).
Neri, D.F., & Nunneley, S.A., eds, (2004). Proceedings of the Fatigue and PerformanceModeling Workshop. June 13-14 2002, Seattle, WA. Aviation, Space and EnvironmentalMedicine, 75 (2, section II).Polet, P., Vanderhaegen, F., & Amalberti, R. (2003). Modelling border-line toleratedconditions of use (BTCU) and associated risks. Safety Science, 41(2-3), 111-136.
Signal, T. L., Ratieta, D. & Gander, P. H. (2008). Flight crew fatigue management in amore flexible regulatory environment: an overview of the New Zealand aviation indus-try. Chronobiology International, 25 (2-3), 373-388.
The suprachiasmatic nucleus or nuclei, abbreviated SCN, is a tiny region on the brain's midline, situated directly above the optic chiasm. It is responsible for controlling circadian rhythms. The neuronal and hormonal activities it generates regulate many different body functions in a 24-hour cycle, using around 20,000 neurons.
Published
2020-12-25