PEMBELAJARAN TATAP MUKA DAN DARING TERHADAP PERKULIAHAN MAHASISWA/I TEKNIK KIMIA

  • Dessy Agustina Sari Program Studi Teknik Kimia Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang

Abstract

Kondisi pandemi Covid-19 saat ini mengakibatkan seluruh Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta tidak dapat melaksanakan pembelajaran secara tatap muka. Hal ini mengakibatkan pengalihan secara sementara menjadi kuliah daring (online) dari kediaman masing-masing. Pelaksanaan ini memberikan output dan dampak secara pro dan kontra. Penelusuran menggunakan evaluasi google classroom sebagai media informasi perkuliahan di angkatan 2018 dan 2019. Sebelum pandemi Covid’19 melanda, tatap muka memberikan pengaruh efektivitas penyampaian materi oleh pengajar. Hal ini berupa penjelasan materi dan latihan, pembelajaran dihubungkan ke implementasi dunia kerja, kerap soal yang diberikan dikemas sebuah permainan interaktif, ataupun penjelasan tidak hanya terpaku pada bahan ajar presentasi pengajar. Beberapa dari langkah ini tidak sepenuhnya didapatkan mahasiswa/i ketika perkuliahan daring. Sebagian pengajar hanya memberikan materi semata tanpa penjelasan seperti arti istilah daring yang disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Akan tetapi, sisa pengajar lainnya memiliki terobosan lanjut bagaimana metode mengajar daring di semester ganjil tahun 2020-2021 ketimbang langkah pembelajaran di bulan April – Juni sebelumnya.

References

Abdullah, W. (2018). Model blended learning dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 7(1), 855–866. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3169
Anggrawan, A. (2019). Analisis deskriptif hasil belajar pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online menurut gaya belajar mahasiswa. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339–346. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411
Astini, N. K. S. (2020). Tantangan dan peluang pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran online masa covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452
Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. (2020). Analisis tingkat stres akademik pada mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh dimasa covid-19. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 10–14. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i1.4804
Hariani, P. P., & Wastuti, S. N. Y. (2020). Pemanfaatan e-learning pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kaji
an Konseling Dan Pendidikan, 3(2), 41–49. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i2.4656
Huda, Y., & Faiza, D. (2019). Desain sistem pembelajaran jarak jauh berbasis smart classroom menggunakan layanan live video webcasting. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 12(1), 25–32. https://doi.org/10.24036/tip.v12i1.173
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi virus corona covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30–36. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181
Pratiwi, E. W. (2020). Dampak covid-19 terhadap kegiatan pembelajaran online di perguruan tinggi kristen di indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/PIP.341.1
Salehudin, M. (2020). Dampak covid-19: Guru mengadopsi media sosial sebagai e-learning pada pembelajaran jarak jauh. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 1–14. https://doi.org/10.22373/jm.v10i1.6755
Sari, D. A., Hakiim, A., & Efelina, V. (2019). Kajian ulang pemahaman konsep integral-turunan pasca ujian akhir semester. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 10(1), 1–5. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.2050
Sari, D. A., Purba, E., & Supriyadi, D. (2018). Kemampuan penyerapan co2 menggunakan tetraselmis chuii terhadap intensitas cahaya. Techno, 19(1), 45–50. https://doi.org/10.30595/techno.v19i1.2345
Sari, D. A., Raharja, S. T., & Sukanta, S. (2017). Optimalisasi produksi UKM dodol melalui pengajuan alat pengaduk dan pelatihan pengajuan izin edar produk. Seminar Nasional & CFP I IDRI. Ambon. https://doi.org/10.31227/osf.io/8neqj
Sari, D. A., Soepryanto, A., & Burhanuddin, S. (2016). Re-design electric submersible pump pada PT Chevron Pacific Indonesia—Minas Pekanbaru. Jurnal Barometer, 1(1), 25–33. https://journal.unsika.ac.id/index.php/barometer/article/view/356/355
Sari, D. A., & Sukanta, S. (2020). Pendampingan ekonomi warga kabupaten Karawang melalui budidaya tanaman jahe merah. Prosiding Seminar Nasional Rekarta 2020 “Menciptakan Inovasi Pendidikan Melalui Kompetensi Pendidik Menuju Kemandirian Bangsa di Era 5.0,” 91–97. http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/semarta/article/view/292
Ulfa, V. S., Iyan, I., & Sari, D. A. (2020). Pendampingan peningkatan komunikasi berbahasa Inggris bagi mahasiswa Teknik Kimia kabupaten Karawang. Prosiding Seminar Nasional Rekarta 2020 “Menciptakan Inovasi Pendidikan Melalui Kompetensi Pendidik Menuju Kemandirian Bangsa di Era 5.0,” 98–104. http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/semarta/article/view/293
Published
2020-12-25