PROGRAM SIMULASI ASPEN HYSIS BAGI MAHASISWA TEKNIK KIMIA DI SEMESTER AWAL

  • Dessy Agustina Sari Program Studi Teknik Kimia Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang

Abstract

Salah satu capaian menjadi sarjana dari program studi Teknik Kimia adalah tugas akhir pra-rancangan pabrik kimia. Sebagai program studi baru per 2018 membutuhkan pendukung kegiatan sisi pengajaran bagi mahasiswa didiknya. Salah satunya pendekatan yang dilakukan program studi adalah pengenalan program simulasi. Hal ini ditujukan untuk membantu pemahaman bagaimana desain dari sisi kebutuhan bahan baku, proses dan peralatan, hingga perangkat penyediaan utilisasi. Selain itu, komponen dari neraca masa dan panas juga tersaji. Pelatihan Aspen Hysis menjadi awalan dua angkatan pertama setelah mengambil mata kuliah Menggambar Teknik. Upaya ini bertujuan untuk menangani keterbatasan sumber bacaan seperti di kampus lain yang telah lama berdiri. Kegiatan pengenalan yang terlalu dini memberikan tanggapan positif pada 23 dari 60. Peserta tersebut secara tidak langsung melakukan pengembangan keterampilan dan kecakapan dalam menyelesaikan suatu proses industri. Pengawasan dilaksanakan hingga kegiatan berakhir sebagai bentuk pengawalan dari arti sebuah program studi baru. Perlahan implementasi pasca pelatihan dilanjutkan di mata kuliah Kimia Organik dengan topik distilasi. Pemisahan cair-cair berdasarkan perbedaan titik didih diuji coba baik secara teori, praktek praktikum, perekaman kegiatan, dan simulasi program ini.

References

Al-Malah, K. I. M. (2017). Aspen Plus: Chemical Engineering Applications. Wiley. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/book/10.1002/9781119293644
Burrows, A. C., & Borowczak, M. (2017). Hardening freshman engineering student soft skills. W1A-1-W1A-5. https://peer.asee.org/hardening-freshman-engineering-student-soft-skills
Guangquan, W., Xiaohua, L., & Zhiliang, Z. (2015). The application of aspen plus in the course design for principles of chemical engineering. CNKI Journal: Higher Education in Chemical Engineering, 2015(2), 2. http://en.cnki.com.cn/Article_en/CJFDTotal-HGGZ201502019.htm
Hamid, M. K. A. (2007). Aspen HYSYS: an Introduction to Chemical Engineering Simulation for UTM degree++ Program. Universiti Teknologi Malaysia. http://eprints.utm.my/id/eprint/3030/2/HYSYS_for_UTM_Degree%2B%2B_Program.pdf
Jr, M. E. H. (2013). Chemical Process Simulation and the Aspen HYSYS Software. Department of Chemical Engineering, Bucknell University. https://www.goodreads.com/book/show/21019283-chemical-process-simulation-and-the-aspen-hysys-v8-3-software
Mulyono, P., Bendiyasa, I. M., & Sutijan, S. (2018). Analisis Sistem Teknik Kimia. Gadjah Mada University Press. https://ugmpress.ugm.ac.id/id/product/teknik-kimia/analisis-sistem-teknik-kimia
Pramudia, J. R., Ardiwinata, J. S., Sudiapermana, E., & Hilmi, M. I. (2019). The soft skill training to improve the readiness of alumni in entering the working world. Proceedings of the 2nd International Conference on Educational Sciences (ICES 2018). Proceedings of the 2nd International Conference on Educational Sciences (ICES 2018), Bandung, Indonesia. https://doi.org/10.2991/ices-18.2019.26
Sari, D. A., Hakiim, A., & Efelina, V. (2019). Kajian ulang pemahaman konsep integral-turunan pasca ujian akhir semester. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 10(1), 1–5. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.2050
Tang, T., & Wang, J. (2019). Study on computer software applied in teaching of design of chemical engineering principles. OALib, 06(03), 1–4. https://doi.org/10.4236/oalib.1105295
Ulfa, V. S., Iyan, I., & Sari, D. A. (2020). Pendampingan peningkatan komunikasi berbahasa Inggris bagi mahasiswa Teknik Kimia kabupaten Karawang. Prosiding Seminar Nasional Rekarta 2020 “Menciptakan Inovasi Pendidikan Melalui Kompetensi Pendidik Menuju Kemandirian Bangsa di Era 5.0,” 98–104. http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/semarta/article/view/293
Wahyuni, E. N. (2020). Motivasi Belajar. DIVA Pers. http://repository.uin-malang.ac.id/6126/
Xiang, L., & Lanjuan, W. (2012). The application of software in the course design for principles of chemical engineering. CNKI Journal: Higher Education in Chemical Engineering, 2012(6). http://en.cnki.com.cn/Article_en/CJFDTotal-HGGZ201206021.htm
Yuying, Z., Lin, Y., & University of Technology, G. (2014). The application of chemical software in the course design of chemical engineering. CNKI Journal: Guangdong Chemical Industry, 2014(1). http://en.cnki.com.cn/Article_en/CJFDTotal-GDHG201401097.htm
Published
2020-12-25