PRAKTIKUM MAHASISWA TEKNIK KIMIA UNSIKA: TEORI MELALUI DARING DAN PRAKTEK DI NORMAL BARU

  • Dessy Agustina Sari Program Studi Teknik Kimia Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang

Abstract

Perkuliahan mulai dilakukan secara daring per akhir Maret 2020 di seluruh segmen penyelenggara pendidikan. Kegiatan praktikum juga turut dialihkan ke pembelajaran daring. Pengajar menjelaskan materi praktek secara jarak jauh dan mengemas pelaksanaan praktek sebagian dalam bentuk kajian pustaka. Tuntutan kontak langsung terhadap peralatan laboratorium disampaikan para peserta didik Teknik Kimia Unsika pasca ujian akhir semester di bulan Juni. Selain itu, hal ini juga dilatarbelakangi oleh peninjauan dan evaluasi koordinator program studi terhadap kinerja dosen pengampu praktikum. New normal menjadi pendukung protokol kesehatan di pandemi Covid-19. Waktu pelaksaanan dilakukan melalui pembagian jadwal piket dengan maksimal 10 orang. Youtube Dessy Yu menjadi media pengajaran bagi mahasiswa yang belajar dari rumah. Kompleksitas di laboratorium membuka wawasan mahasiswa. Beberapa hal teknis yang ditemukan dan fenomena suatu percobaan praktikum memberikan pemahaman lebih dan menarik kembali (kroscek silang) ke paparan teori pada mata kuliah Kimia Analitik dan Analisis Zat Gizi  selama Maret – Juni di channel video tersebut.

References

Almeida, F., & Simoes, J. (2019). The role of serious games, gamification and industry 4.0 tools in the education 4.0 paradigm. Contemporary Educational Technology, 10(2), 120–136. https://doi.org/10.30935/cet.554469
Eliyarti, E., & Rahayu, C. (2019). Deskripsi efektivitas kegiatan praktikum dalam perkuliahan kimia dasar mahasiswa teknik. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 70–76. https://doi.org/10.23971/eds.v7i2.1476
Juvitasari, P. M., Melati, H. A., & Lestari, I. (2018). Deskripsi pengetahuan alat praktikum kimia dan kemampuan psikomotorik siswa man 1 pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(7), 1–13. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/26094
Kustijono, R. (2015). Penerapan praktikum peer-model dalam mata kuliah fisika dasar untuk melatihkan scientific skills mahasiswa prodi fisika unesa. PF-MOP 124-132. https://adoc.tips/penerapan-praktikum-peer-model-dalam-mata-kuliah-fisika-dasa.html
Raharjo, R., & Harjanto, S. (2017). Penanganan alat dan bahan yang baik dalam rangka menunjang kegiatan di laboratorium kimia. METANA, 13(2), 58–60. https://doi.org/10.14710/metana.v13i2.18017
Sari, D. A., Hakiim, A., & Efelina, V. (2019). Kajian ulang pemahaman konsep integral-turunan pasca ujian akhir semester. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 10(1), 1–5. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.2050
Sari, D. A., Hakiim, A., Irawan, R., & Dewi, R. (2020). Penataan ulang area produksi industri rumah tangga kabupaten Bekasi. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(1), 53–62. https://doi.org/10.29407/ja.v4i1.14602
Sukanta, S., Musadad, A., & Sari, D. A. (2020). Pelatihan sistem manajemen K3 dan new normal industri di PT TEin Karawang. Prosiding Seminar Nasional Rekarta 2020 “Menciptakan Inovasi Pendidikan Melalui Kompetensi Pendidik Menuju Kemandirian Bangsa di Era 5.0,” 105–113. http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/semarta/article/view/296
Sumiatun, S. (2013). Analisis mutu pembelajaran praktikum kebidanan sebagai upaya peningkatan pencapaian kompetensi program studi diploma iii kebidanan stikes maharani malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 78–93. https://doi.org/10.22219/jkpp.v1i1.1512
Ulfa, V. S., Iyan, I., & Sari, D. A. (2020). Pendampingan peningkatan komunikasi berbahasa Inggris bagi mahasiswa Teknik Kimia kabupaten Karawang. Prosiding Seminar Nasional Rekarta 2020 “Menciptakan Inovasi Pendidikan Melalui Kompetensi Pendidik Menuju Kemandirian Bangsa di Era 5.0,” 98–104. http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/semarta/article/view/293
Published
2020-12-25