ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PERAWATAN KULIT WAJAH (SKINCARE) (STUDI KASUS PRODUK SKIN CARE KOREA MEREK X)

  • Nur Aprialini Thaher Univesrsitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji atribut produk perawatan kulit wajah merek X yang menjadi preferensi konsumen dan atribut yang paling dipertimbangkan dalam keputusan pembelian produk perawatan kulit wajah merek X di Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan cara pelaksanaan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berada di Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Insidental dengan jumlah responden 115 orang. Analisis yang digunakan adalah analisis Chi-Square dan analisis multiatribut Fishbein. Hasil uji Chi-Square yang diperoleh dari perhitungan menggunakan aplikasi SPSS 16.0 pada analisis preferensi konsumen dalam memilih produk perawatan kulit wajah terhadap atribut informasi merek X menunjukkan bahwa semua atribut yang diamati dalam penelitian ini berbeda nyata dalam taraf kepercayaan 95% yang berarti bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima karena dari kempat atribut yang diamati, karena P-Value < Alpha . Artinya, preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian produk perawatan kulit wajah merek X tidak sama atau terdapat perbedaan preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian produk perawatan kulit wajah merek X. Dari hasil analisis uji multiatribut Fishbein, Atribut yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam pembelian produk perawatan kulit wajah merek X berturut-turut dari yang paling dipertimbangkan sampai dengan yang kurang dipertimbangkan adalah merek X, varian produk, kemasan produk dan harga.

References

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New York: Longmans, Green and Co.
J, S. N. (2013). Perilaku Konsumen (edisi revisi). Jakarta: Perdana Media Group.
Jubaedah, L. (2013). Bahan Ajar Perawatan Kulit Wajah. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Kotler, P. (2011). Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
Putri, S. L. (2017). Analisis Prefensi Konsumen Terhadap Pemilihan Kosmetik Lipstik. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Shimp, T. A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat.
Silfi, N. S. (2012). RPKPS Ilmu Kesehatan Kulit dan Rambut. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Simamora. (2014). Membuat Karyawan Lebih Produktif Dalam Jangka Panjang (Manajemen SDM). Yogyakarta: STIE YKPN.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharno. (2010). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Yogyakarta: UNY Press.
Suharso, A. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi lux. Semarang: Widya Karya.
Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Published
2020-12-25