PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KONTEKSTUAL DAN GAYA BELAJAR PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN GARIS LURUS

  • Ade Lukman Nulhakim Universitas Indraprasta PGRI
  • Arif Susanto Universitas Indraprasta PGRI
  • Budi Santoso Universitas Indraprasta PGRI

Abstract

Penelitian in bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis kontekstual dan gaya belajar, serta mengetahui gaya belajar peserta didik dan hubungannya dengan hasil belajar peserta didik. Media pembelajaran interaktif sendiri merupakan salah satu unsur penunjang bagi peserta didik dengan gaya belajarnya dalam memahami suatu materi pelajaran matematika. Gaya belajar peserta didik diketahui menentukan tingkat kecepatan pemahaman peserta didik akan suatu materi pelajaran matematika. Dari hasil penelitian dan pengembangan media di peroleh data kelayakan media, tes hasil belajar serta angket gaya belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran interaktif materi persamaan garis lurus yang dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan gaya belajar ditemukan bahwa : (1) Penilaian bahan ajar oleh ahli pendidikan masuk kategori kuat dengan persentase akhir sebesar 77,14% (2) Penilaian bahan ajar oleh ahli multimedia masuk kategori kuat dengan persentase akhir sebesar 76% (3) Penilaian bahan ajar oleh ahli Matematika masuk kategori sangat kuat dengan persentase akhir sebesar 82,5% (4) Uji terbatas yang dilakukan kepada 10 orang peserta didik diperoleh hasil bahan ajar masuk kategori sangat kuat dengan presentase akhir sebesar 82,167% (5) Uji lapangan yang dilakukan kepada 30 peserta didik diketahui 12 orang peserta didik bergaya belajar visual, 10 orang peserta didik bergaya belajar auditori, dan 8 orang peserta didik bergaya belajar kinestetik.

References

Ainamulyana. (2015). Gaya Belajar Peserta didik, Pengertian Tipe dan Faktor yang mempengaruhi. https://ainamulyana.blogspot.com/2015/04/gaya-belajar-peserta didik.html
Arsyad, Azhar. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sutardi (In Handini, D., Gusrayani, D., & Panjaitan, R. L. 2016. p. 451–460). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Materi Gaya..
Riadi, M. (2012). Gaya Belajar. https://www.kajianpustaka.com/2012/11/gaya-belajar.html
DePorter & Hernacki (In Rosmaini Sembiring dan Julaga Situmoang. (2015). p. 127-140). Pengaruh model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika.
Sukmadinata, dkk . (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Remaja Rosdakarya.
Published
2020-12-25