PENGEMBANGAN APLIKASI ABSENSI BERBASIS MOBILE DENGAN GEO TAGGING UNTUK SISWA PRAKERIN DI SMK INFORMATIKA KOTA SERANG

  • Nana Supiana STMIK Insan Pembangunan, Tangerang
  • Dede Muri Maulana SMK Informatika Kota Serang, Serang

Abstract

SMK Informatika Kota Serang merupakan sekolah kejuruan yang terletak dikota Serang provinsi Banten, sebagai sekolah kejuruan SMK informatika Kota Serang menyelenggarakan prakter kerja lapangan atau prakerin bagi siswa dan siswi yang menempuh Pendidikan. Pelaksanaan prakerin dilakukan bekerjasama dengan beberapa perusahaan – perusahaan baik negeri ataupun swasta. Selama mengikuti prakerin siswa wajib membuat laporan kehadiran, proses pencatatan kehadiran dilakukan siswa dengan melakukan pencatatan pada form kehadiran yang kemudian dijadikan sebagai absensi siswa selama mengikuti prakerin. Proses pencatatan absensi yang dilakukan selama ini menimbulkan beberapa kendala baik bagi siswa dan pihak sekolah, kendala yang sering terjadi dilapangan siswa membuat laporan absensi yang tidak valid, selain itu pihak sekolah juga mengalami kesulitan dalam mengetahui lokasi siswa yang tidak mengikuti jadwal prakerin. Untuk memudahkan pihak sekolah mendapatkan informasi yang akurat terhadap data kehadiran siswa dalam mengikuti proses prakerin perlu adanya solusi aplikasi pencatat absensi siswa dan geotagging lokasi dimana siswa berada. Aplikasi dibangun dengan framework flutter dan menggunakan 7 metode penelitian untuk mengatasi penyelesaian tersebut. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan agar pencatatan absensi siswa berjalan baik dan pihak sekolah mengetahui informasi lokasi siswa selama mengikuti prakerin.

References

Brittenham, P. (2002). An overview of the web services Inspection language.
Dwija Wisnu Brata. (2015). Perancangan sistem khs mobile di stmik asia malang menggunakan android programming dan json. Malang: jurnal ilmiah teknologi dan informasi asia (jitika).
Elisausada, Yuniarsyah, Y., Noor. (2012). Rancang bangun sistem informasi jadwal perkuliahan berbasis jquery mobile dengan menggunakan php dan mysql. Purwokerto. Jurnal infotel volume 4 nomor 2.
Erick Kurniawan. (2014). Implementasi rest web service untuk sales order dan sales tracking berbasis mobile. Yogyakarta: jurusan sistem informasi fakultas teknologi informasi universitas kristen duta wacana.
Muslihudin, M., Krisdianto, R., Nanda, AP. (2018). Sistem aplikasi data absensi pada smk negeri 1 talang padang menggunakan model sms gateway sebagai layanan informasi wali murid. Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi.
Ragil Saputra dan Ahmad Ashari. (2016). Integrasi laporan demam berdarah dengue (dbd) menggunakan teknologi web service. Diponegoro: jurnal masyarakat informatika, vol 2, nomor 2.
Richards, Robert. (2006). Pro PHP XML and Web Services. Apress.
Rosa, A.S, dan Shalahuddin, M. (2011). Rekayasa perangkat lunak. terstruktur dan berorientasi objek. Bandung: Modula.
Systinet, Web Services. (2003) : a practical introduction, the stencil group.
Raharja, U., Aini, Q., Nuke, PLS. (2018). Pengintegrasian yii framework berbasis api pada sistem penilaian absensi. Pontianak: Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA
Published
2020-12-25