PERENCANAAN STRATEGIK SISTEM INFORMASI SD ISLAMIYAH TERPADU DEPOK DENGAN ANALISIS SWOT DAN BALANCED SCORECARD

Authors

  • Julizal Julizal FTIK Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Lukman Lukman FTIK Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Imam Sunoto FTIK Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Abstract

SD Islamiyah Terpadu Depok merupakan salah satu bagian dari lingkungan pendidikan tempat melaksanakan pembinaan dan pengembangan para siswa menuju tercapainya tujuan penyelenggaraan pendidikan. Oleh karena itu dalam penyelenggaraannya harus memiliki rencana strategik yang terarah, tujuan yang jelas, dan pelaksanaan yang dapat dipertanggung-jawabkan. Dilihat dari kinerja dalam upaya pemanfaatan Sistem Informasi (SI) untuk menyelesaikan berbagai masalah dilingkungan sekolah belumlah optimal, contoh belum adanya pemanfaatan sistem informasi dalam pengolahan data yang khusus menangani masalah pengelolaan data secara otomatis dan terpusat, pemanfaatan sistem informasi untuk mengintegrasikan informasi lintas sekolah, SD Islamiyah Terpadu Depok masih belum memiliki sistem informasi untuk mendukung pertukaran informasi yang terintegrasi antar sekolah di Depok. Untuk itu Sekolah SD Islamiyah Terpadu sangat perlu membuat suatu perencanaan strategik sistem informasi dengan memperhatikan hal-hal seperti pengembangan kapabilitas guru dan staf melalui pelatihan, layanan online, sistem administrasi terpadu, pemeliharaan infrastruktur jaringan, pembelajaran jarak jauh jika dibutuhkan. Analisis swot merupakan metoda yang digunakan untuk menganalisa situasi kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness) organisasi serta situasi ancaman (threat) dan peluang (opportunity) organisasi. Balanced scorecard adalah alat untuk mengatur kinerja organisasi untuk pengembangan strategi organisasi itu sendiri. ditetapkan dalam perencanaan strategik sebagai alat untuk menerjemahkan visi, misi, dan strategi ke dalam sasaran dan inisiatif strategi yang memiliki atribut yaitu komprehensif, koheren, terukur dan berimbang. Dengan perencanaan strategik sistem informasi dengan analisis swot dan balanced scorecard secara keseluruhan dapat mengoptimalkan fungsi sistem informasi seperti pengolahan data nilai dan penerimaan siswa baru untuk melayani masyarakat jauh lebih cepat dan nyaman.

References

E., McLean, E. & Watherbe, J., (1996), Information Technology for Management, (2nd Edition), New York, USA: John Wiley & Son.

Henczel, Susan., (2001), The Information audit: a practical guide, Munchen: Saur.

Laudon, Kenneth C. and Laudon, Jane Price., (2004), Management Information Systems: Managing the Digital Firm, (8th edition). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Martin, James, (1990), Information Engineering: Planning and Analysis, Prentice Hall International.

Oetomo, Budi, Sutedjo,D., (2002), Perencanaan & Pembangunan Sistem Informasi, Yogyakarta :Penerbit ANDI.

Porter, M.E. (1998), Competitive Strategy: Techniques for Analysis Industries and Competitive, New York:The free Press.

Rangkuti. F., (2009), Analisa SWOT teknik membedah kasus bisnis: Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk menghadapi abad 21. (16th Ed), Jakarta:Gramedia Pustaka Umum.

Turban, Efraim et. al., (2006), Information Technology for Management: Transforming Organizations in the Digital Economy, (5th ed). John Wiley & Sons (Asia) Pte Ltd.

Tozer, E.E., (1996), Strategic IS/IT Planning, Professional Edition, Boston, USA: Betterworth-Heinemann.

Ward, John. and Joe Peppard, (2002), Strategic Planning for Information System (3nd ed) England, John Wiley & Sons.

Ward, J & Griffiths, P., (1996), Strategic Planning for Information System, (2nd Edition), Chicester, USA:John Wiley & Son.

Waterhouse, Price., (1996), System Management Methodology Overview/ Baseline, Price Waterhouse World Firm Services BV Inc.

Muhammad Yusuf, D., Ridwan, M., & Darmosunarno, T. (2020). Sistem Informasi Monitoring Truk Pengiriman Barang Berbasis Mobile Android Dan Web Service Studi Kasus CV. Hendry Cipta Karya. Jutis (Jurnal Teknik Informatika), 6(2), 71-75. https://doi.org/https://doi.org/10.33592/jutis.Vol6.Iss2.131

Downloads

Published

2020-12-25