PERANCANGAN CATU DAYA BERBASIS ENERGI SURYA UNTUK BUDIDAYA TANAMAN DENGAN SISTEM HIDROPONIK

  • Samsurizal Samsurizal Teknik Elektro, Institut Teknologi PLN
  • Kartika Tresya M Teknik Elektro, Institut Teknologi PLN
  • Anesha Marevina M Teknik Elektro, Institut Teknologi PLN

Abstract

Pemanfaatan energi matahari sebagai sumber energi dan merupakan sumber alternatif yang terus dikembangkan. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) menggunakan energi matahari sebagai sumber terbarukan dapat mengkonversi energi matahari menjadi energi listrik. Pemanfaatan energi alternatif ini bisa digunakan sebagai catu daya baik untuk beban kecil maupun besar, diantaranya teknologi menggunakan sistem hidroponik. Sistem tanaman hidroponik memerlukan pengairan dan nutrisi yang kontinyu. Tersedianya sumber energi terbarukan tentunya membantu mengurangi konsumsi listrik PLN. Penelitian ini dilakukan dengan merancangan catu daya dengan memanfaatkan energi sel surya, untuk mengalirkan dan menyalurkan air serta nutrisi tanaman menggunakan pompa air. Dalam penelitian ini menghasilkan energi listrik 1563 Watt per hari dengan kapasitas solar panel 50Wp, sedangkan daya yang dibutuhkan untuk menghidupkan pompa sebesar 20watt, dengan debit air 1000L/H dan ketinggian aliran air (Hmax) 1.6m. Pada perancangan yang sudah dilakukan teknologi hidroponik dapat menggunakan PLTS sebagai catu daya sehingga tidak harus menggunakan energi listrik yang bersumber dari PLN.

References

Andaluz, V., & dkk. (2016). Automatic control of drip irrigation on hydroponic agriculture: Daniela tomato production. IEEE International Conference on Automatica (ICA-ACCA)(IEEE), 16.
APAMSI. (2013). Pengembangan PLTS di Indonesia. Yogyakarta.
Duffie, A. W. (2008). Solar Engineering Of Thermal Processes. Newyork: John Wiley & Sons.
Jatmiko, J. (2011). Pemanfaatan sel surya dan lampu LED untuk perumahan. Semantik, 1(1).
Khwee, K. H. (2013). Pengaruh Temperatur Terhadap Kapasitas Daya Panel Surya (Studi Kasus: Pontianak). Jurnal ELKHA, Vol.5, No 2.
Melvix, L., & Sridevi, C. (2014). Design of Efficient Hydroponic Nutrient Solution Control System using Soft Computing based Solution Grading. in 2014 International Conference on Computation of Power, Energy, Information and Communication (TCCPETC).
Rosliani, R., & Sumarni, N. (2005). Budidaya Tanaman Sayuran dengan Sistem Hidroponik. Bandung: Balai Penelitian Tanaman Sayuran.
Samsurizal, & dkk. (2019). Evaluasi Sudut Kemiringan Terhadap Pengaruh Irradiance Pada Array Photovoltaic Jenis Monocristalline. Jurnal SETRUM, Vol.8 No.1.
Published
2020-12-25