PROTOTIPE APLIKASI PENCARIAN DAN PEMESANAN MAKANAN BERBASIS ANDROID

  • Desi Nurnaningsih Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Arief Herdiansah Universitas Muhammadiyah Tangerang

Abstract

Wisata kuliner saat ini telah menjadi sebuah gaya hidup masyarakat perkotaan dalam pemenuhan kebutuhan makanan sehari-hari. Saat ini masyarakat kota, terutama generasi muda memiliki gaya hidup baru dalam memilih makanan yang akan dikosumsinya, mereka tidak hanya melihat dari jenis makanannya saja, namun juga mencari kepuasan rasa, kepuasan pelayanan dan sering kali mereka melakukan perbandingan makanan satu dengan makanan lainnya untuk mendapatkan pengalaman baru dalam proses pemesanan makanan tersebut. Dalam melakukan kegiatan pencarian makanan tersebut, seringkali mereka tidak mengetahui secara spesifik dimana makanan tersebut dijual dan berapa harganya. Hal tersebut yang melatarbelakangi peneliti melakukan penelitian untuk membangun sebuah prototipe aplikasi pencarian dan pemesanan makanan berbasis android. Penelitian ini menggunakan metode metode observasi, wawancara dalam pross pengumpulan data dan menggunakan metode PIECES untuk proses analisa sistem. Model pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah prototipe dan aplikasi yang dihasilkan diuji menggunakan metode Black Box Testing. Sistem yang dihasilkan akan dapat memberikan informasi mengenai makanan apa saja yang tersedia berikut informasi dimana restoran yang menjual makanan tersebut. Prototipe aplikasi ini diberi nama ITFOOD.

References

APJII. (2019). Mengawali Integritas Era Digital (Edisi 33 J). Buletin APJII Indonesia.
Dennis, A., Wixson, Haley, B., Roth, M. . (2012). System Analyst and Design (5th edd). Don Fowley Publisher.
Firmansyah, Y., & Udi, U. (2017). Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habib Sholeh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 4(1).
Fitriawati, N., Herdiansah, A., Gunawan, A., Informatika, T., Informatika, T., Informasi, S., Warga, D., & Sejahtera, K. (2019). Sistem informasi program keluarga harapan studi kasus kecamatan kosambi tangerang. JIKA UMT, 3(2), 21–26.
Handayani, T., Herdiansah, A., Hariyani, N., Nugroho, T., & Informatika, T. (2020). Sistem Informasi Simpan Pinjam Studi Kasus Koperasi Kodanua Serang. JIKA UMT, 4(1), 14–19.
Herdiansah, A. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Referensi Pemilihan Tujuan Jurusan Teknik di Perguruan Tinggi Bagi Siswa Kelas XII IPA Menggunakan Metode AHP. Matrik Univ Bumigora, 19(2), 223–234.
Herdiansah, A., Rosdiana, R., & Wulandani, F. (2019). Pengembangan Dashboard Kontrol Pengendalian Mutu Pada Bagian Printing Dan Emboss Pt. Megah Mas Prima. Jurnal Ilmiah Matrik, 21(3), 266–278.
Jogiyanto. (2010). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Andi Offset.
Layona, Rita, Yulianto, B. (2016). Tempat Makan Pada Perangkat Mobile. Aplikasi Pencarian Informasi Dan Lokasi Tempat Makan Pada Perangkat Mobile Berbasis Android, 02(02), 9–16.
Maffei, A., Onori, M., Khabbazi, M. R., Wikander, J., & Bergseth, E. (2017). Assembly feature data instance modeling: Prototype implementation and outputs. 2017 International Conference on Mechanical, System and Control Engineering, ICMSC 2017, 343–347.
Mustofa, H. (2018). Aplikasi Pencarian Kuliner Khas Kota Solo Berbasis Android. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Peridustrian, K. (2019). Analisis Perkembangan Industri. Laporan tahunan Kementerian Perindustrian (Edisi 1). Kementrian Perindustrian.
Pressman, S. . (2010). Software Engineering: A Practitioner’s Approach (7th editio). The McGraw-Hill Company.
Sudaryono. (2015). Metodologi Riset di Bidang IT: Panduan Praktis, Teori dan Contoh Kasus (Andi Offse).
Tompoh, J. F., Sentinuwo, S. R., & Sinsuw, A. A. E. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Menu Makanan Restoran Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika, 9(1), 1–9.
Published
2020-12-25