PENGARUH KETERLIBATAN KARYAWAN, LOYALITAS KERJA, DAN KERJASAMA TIM TERHADAP KINERJA KARYAWAN

  • Sri Langgeng Ratnasari Universitas Riau Kepulauan, Batam
  • Vinca Regina Letsoin Universitas Riau Kepulauan, Batam
  • Gandhi Sutjahjo Universitas Batam, Batam
  • Widodo Ismanto Universitas Riau Kepulauan, Batam

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh Keterlibatan Karyawan, Loyalitas Kerja, dan Kerja Sama Tim terhadap kinerja karyawan PT. Golden Communication. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada seluruh karyawan PT. Golden Communication sebanyak 50 karyawan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 16. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sensus, dan teknik pengujian data yang digunakan adalah uji validitas dengan analisis faktor, uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Uji asumsi klasik untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil uji T diketahui keterlibatan karyawan berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja karyawan, loyalitas karyawan berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja karyawan, dan kerja tim berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan uji F diketahui keterlibatan karyawan, loyalitas karyawan, dan kerja tim secara simultan berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan kontribusi validasi X1, X2, dan X3 dalam mempengaruhi Y sebesar 12,1%, sisanya 87,9% merupakan kontribusi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

References

Afriani, Fitri. (2017). Pengaruh Keterlibatan Kerja dan Loyalitas Karyawan terhadap Kinerja Karyawan (Pada Bank UOB Cabang Pekanbaru), Jurnal Dimensi. Vol. 4 No. 1.
Bangun, R., Ratnasari, S. L., and Hakim, L. (2019). The Influence of Leadership, Organizational Behavior, Compensation on Employee Performance in Non-Production. Journal of Research in Psychology (JRP). Vol. 1. No.4. pp. 13-66.
Bintoro dan Daryanto. (2017). Manajemen Penilaian Kinerja, Yogyakarta: Gava Media.
Hermawan, I Ketut dan I Gede Riana. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Menentukan Loyalitas Karyawan PT. Inti Buana Permai Denpasar Bali. E-Jurnal Manajemen. Vol. 3, No. 3.
Marjuardi, L., dan Ratnasari, S. L. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja, Loyalitas, Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Yayasan Raudlatul Qur’an Batam. Jurnal Benefita. Vol.4. No.3., Oktober 2019. Hal. 560-569.
Ratnasari, S. L. (2012). Budaya Organisasi. Surabaya: UPN Press.
Ratnasari, S. L. (2019). Human Capital Manajemen Sumber Daya Manusia. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.
Ratnasari, S. L., dan Hartati, Yenni. (2019). Manajemen Kinerja Dalam Organisasi. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.
Setiawati, I., Ratnasari, S. L., and Hakim, L. (2019). The Effects of Organizational Culture, Leadership Style, Motivation, and Organizational Commitment on Employee Work Discipline at Pancaran Maitri Foundation. Manajemen Research Spectrum. Vol.9, No.1 (2019). Pp. 42-47.
Vitasari, L., dan Ratnasari, S. L. (2014). Pengaruh Implementasi Sistem Informasi Manajemen SAP dan Kerjasama Tim Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Plant Support Pada PT. Amtek Engineering Batam. Jurnal Zona Manajerial. Vol.6. No.1, April 2014.
Published
2020-12-25