ANALISIS FAKTOR KETERLAMBATAN PELAKSANAAN PEMBANGUNAN WORKSHOP PADA PROYEK DEPOT MASS RAPID TRANSIT ( MRT ) JAKARTA

  • Ardho Dadan Hendhana Tanri Abeng University, Jakarta
  • Pungky Dharma Saputra Tanri Abeng University, Jakarta
  • Idi Namara Tanri Abeng University, Jakarta

Abstract

Pembangunan proyek konstruksi Mass rapid Transit ( MRT ) tahap 1 yang menjadi transportasi massal yang diharapkan mengurangi masalah kemacetan lalu lintas. Pembangunan Depot Lebak Bulus adalah bagian dari proyek ini. Depot ini terdiri terdiri dari 26 bangunan termasuk bangunan workshop. Dalam pembangunan workshop ini mengalami keterlambatan dalam pelaksananya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor keterlambatan proyek pembangunan workshop depot MRT  agar tidak terulang lagi untuk pembangunan tahap berikutnya. Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dan kuesioner kepada owner, konsultan dan kontraktor sebagai data primer. Penelitian ini juga ditunjang dengan data sekunder yang berasal dari berbagai penelitian terdahulu. Data yang diperoleh lalu dianalisis dengan menggunakan peranti lunak SPSS. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa keterlambatan persetujuan gambar kerja, keterlambatan persetujuan material dan banyaknya kerja tambah ( variation order ) adalah faktor penyebab keterlambatan yang paling dominan.

References

Arikunto, 2006, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Rineka Cipta, Jakarta.
Assaf et al, 1995, Causes of Delay in Large Building Contruction Project
Andi et al. 2003. On Representing Factors Influencing Time Performance Of Shop-House Contructions In Surabaya, Dimensi Teknik Sipil, Vol. 5 No. 2, September.
Badan Pusat Statistik, 2017. Data Statistik Indonesia.
Dari :https://jakarta.bps.go.id/
Ervianto, 2003. Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta.
Nurmala, A. (2015). Penyebab dan Dampak Variation Order (VO) PadaPelaksanaan Proyek Konstruksi. Universitas Muhammadiyah Jakarta, 63–77.
Proboyo, B. 1999. Keterlambatan Waktu Pelaksanaan Proyek : Klasifikasi Dan Peringkat Dari Penyebab-Penyebabnya, Dimensi Teknik Sipil, Vol. 1 no. 2, September.
Ramdhan YS. 2017. Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Penyelesaian Proyek Pembangunan Mall ABC.
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis Alfabeta, Bandung.
Suyanto et al, 2005, Metode Penelitian Sosial, Kencana, Jakarta.
Published
2020-12-25