PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN KECERDASAN LINGUISTIK TERHADAP KINERJA KARYAWAN D’MERLION HOTEL BATAM

  • Supardi Supardi Program Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan, Batam
  • Sri Langgeng Ratnasari Program Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan, Batam
  • Herni Widiyah Nasrul Program Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan, Batam

Abstract

Sumber daya manusia yang berkualitas dapat meningkatkan kinerja karyawan, oleh karena itu proses perencanaan, perekrutan, dan pengembangan sumber daya manusia harus dilakukan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kecerdasan intelektual terhadap kinerja karyawan, untuk menguji dan menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan, untuk menguji dan menganalisis pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan, dan untuk menguji dan menganalisis kecerdasan linguistik terhadap kinerja karyawan. Populasi penelitian ini adalah karyawan D’Merlion Hotel Batam yang berjumlah 62 orang. Sampel penelitian sebanyak 62 orang, yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Data diperoleh dengan metode menyebarkan kuesioner kemudian dianalisis dengan menggunakan uji regresi  linier berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian ini adalah: kecerdasan intelektual berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, kecerdasan emosional berpengaruh signifikant terhadap kinerja karyawan, kecerdasan spiritual berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja karyawan, dan kecerdasan linguistik berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.

References

Amir, Taufik. (2015). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pembelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: CV. Kencana.
Badjuri. (2019). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman PKP Mahasiswa PGPAUD UPBJJ UT Semarang. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 2 No. 1.
Dewi, Ayu Bintang Christina. (2018). Korelasi Antara Kecerdasan Linguistik Dengan Kompetensi Pengetahuan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Journal for Lesson and Learning Studies. Vol. 1 No. 1.
Diah, Amalia (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kepemimpinan Transformasional Dilihat Dari Perspektif Gender. Journal Of Applied Managerial Accounting. Vol. 3. No.1.
Edison. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Alfabeta
Erlangga, Arya Mandala. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Pada Kepuasan Kerja Yang Berdampak Terhadap Kinerja Karyawan PT. Madu Baru Bantul Yogyakarta. Jurnal Kajian Bisnis. Vol. 26. No.1.
Ghazali, Muhammad Al. (2015). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Petugas Pada Direktorat Polisi. Jom Fekon. Vol. 2 No. 2.
Ghozali, Imam. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamid, Djambur. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kedisiplinan dan Kinerja Pegawai PT. PLN Disitribusi Jawa Timur Area Malang. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 3.No.5.
Heryanto, Budi (2016). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri. Jurnal Manajemen. Vol.1 No.2.
Isnain, Mohamad Nugrah. (2017). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Pegawai UPT. TIK Universitas Tadaluko. e Jurnal Katalogis. Vol. 5 No. 8.
Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mamangkey, Lorenso A. G. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Sosial (SQ) Terhadap Kinerja karyawan kantor Wilayah Bank BRI Manado. Jurnal EMBA. Vol.6 No.4.
Mangkunegara, Anwar Prabu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Putra, Kadek Agus Santika. (2019).
Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual, Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Auditor. E- Jurnal Katalogis. Vol. 5 No.8.
Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan Revisi. Jakarta: Zifatama Publishing.
Ratnasari, Sri Langgeng. (2015). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Staff Departemen Quality Assurance PT. PEB Batam. Management Dynamic Conference 2015.
Rivai, Veithzal. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Sanjaya, (2015). Kurikulum dan Pembelajaran (Teori dan Praktik Perkembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta: Prenada media Group.
Sanusi, A. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: PT. Salemba Empat.
Setiawan, Yuliana Grece. (2016).
Pengaruh Kecerdasan Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual, Dan Independensi Pada Kinerja Auditor. E-Jurnal Akuntansi. Universitas Udayana, Vol.16 No.2.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.
Sutrisno, Edy. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: CV. Kencana Prenada Media.
Sutrisno, Edy (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Mulia Kencana Semesta.
Tarigan, Elpista. Br. G. (2015). Analisis Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Eosional, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Manajerial Pada Hotel-Hotel Berbintang 3 Di Pekanbaru. Jom FEKON. Vol. 2 No. 2.
Wibowo. (2015). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Rajawali Pers.
Witrisanti, Bayu. (2019). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Pemilik pada Kinerja UMKM di Kabupaten Gianyar. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol.26 No.3.
Published
2020-12-25