ANALISIS PRODUKTIVITAS PADA CV MAINAN KAYU DENGAN MENGGUNAKAN METODE MARVIN E MUNDEL

  • Diana Karmilah Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
  • Surya Perdana Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

Abstract

CV Mainan Kayu adalah perusahaan yang bergerak dibidang produksi mainan kayu edukatif. Di lihat dari target produksi dan hasil pencapaian nya CV mainan kayu mengalami penurunan produktifitas, dalam penelitian ini akan dilakukan analisis tingkat produktivitas pada perusahaan dengan tujuan untuk mengetahui indeks produktivitas serta mengetahui penyebab menurunnya tingkat produktivitas perusahaan menggunakna metode Marvin E Mundel. Penelitian ini akan fokus terhadap mesin-mesin yang digunakan, selanjutnya akan dilakukan perhitungan nilai residu mesin, waktu down time mesin, waktu set up mesin, efisiensi mesin, jam kerja mesin, perhitungan RIP, AOP, Indeks Produktivitas dan Diagram Fish bone. Setelah dilakukan pengukuran diketahui tingkat produktivitas tahun 2019 pada bulan Januari-Juni2019 mengalami penurunan hasil prosuksi dan tidak terpenuhin nya target. Untuk perhitungan output dan input diketahui total RIP periode sebesar Rp 72.552.960, AOP Rp 148.773.888 dan Indeks produktivitas Rp 148.773.888. Berdasarkan hasil analisis, masalah yang terjadi bukan disebabkan oleh mesin karena mesin yang digunakan sudah cukup baik tetapi ada faktor lain yang terdapat di diagram fishbone yaitu   keterlambatan pengiriman bahan baku, terdapat limbah kayu sisa produksi yang menyebabkan layout kerja yang berantakan, sehingga menyebabkan semangat karyawan yang menurun dan hasil produksi yang menurun.

References

Bakhtiar, Diana dan Fariz. (2017). Analisis Pengukuran Produktivitas Dengan Menggunakan Metode Marvin E.Mundel Di PTPN IV PKS Pabatu, Tebing Tinggi. Jurnal Teknik Industri, Universitas Malikussaleh. Hal 288-297.
Amperajaya, M. D., & Muldiana, D. (2015). Pengukuran Produktivitas Menggunakan Metode Omax (Objective Matrix) Dan Upaya Peningkatannya Di PT Pardic Jaya Chemical. Jurnal Teknik Industri. Universitas Esa Unggul. Vol 11, No 1, Hal 10-22.
Eddy & Amri, R. (2019). Penggunaan Metode Marvin E. Mundel Untuk Menentukan Produktivitas Mesin Pembungkus Biskuit Pada Pt . Universal Indofood Product Medan. Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU (Vol. 2, No. 1, pp. 53-55).
Fithri, P., & Sari, R. Y. (2015). Analisis Pengukuran Produktivitas Perusahaan Alsintan CV. Cherry Sarana Agro. Jurnal Teknik Industri, Universitas Andalas. Vol 14, No 1. Hal 138-155.
Ningtyas, A.N., & Lukmandono. (2019). Analisis Produktivitas Menggunakan Metode Marvin E . Mundel Dan Productivity Evaluation Tree ( PET ), In Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan (Vol. 1, No. 1, pp. 303-308).
Rejeki, K,S., Sinulingga,S., & Tariga, U. (2013). Evaluasi Dan Analisis Produktivitas Dengan Menggunakan Metode Marvin E. Mundel Di PT. XYZ. Jurnal Teknik Industri, Kampus USU, Medan. Vol 2, No 1. Hal 48-53.
Published
2020-12-25