IMPLEMENTASI ERGONOMIC FUNCTION DEPLOYMENT (EFD) PADA USULAN REDESIGN MEJA KERJA STASIUN PEMOTONGAN

  • Indra Pratama Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
  • Surya Perdana Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

Abstract

CV Karya Mandiri merupakan sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang industri furniture. Dalam pengembangan usahanya, perusahaan terus melakukan perbaikan, terutama pada permasalahan keluhan operator dan resiko kerja di area produksi. Keluhan operator disebabkan kondisi sikap kerja operator yang tidak ergonomis. Proses produksi di setiap stasiun dilakukan di lantai, di mana operator hampir selalu berdiri ataupun berjongkok selama proses produksi. Stasiun kerja pemotongan merupakan stasiun kerja yang mempunyai resiko kecelakaan kerja paling tinggi karena masih jauh dari prinsip ergonomi, dikarenakan meja kerja yang ada tidak sesuai dengan antropometri operator. Berdasarkan wawancara terhadap operator yang telah dilakukan terdapat keluhan diantaranya sakit pada bagian punggung, pinggang dan juga lengan pada saat melakukan proses pemotongan. Oleh karena itu perlu adanya pendekatan ergonomi sehingga dapat mengurangi keluhan fisik yang dirasakan oleh operator. Metode yang digunakan dalam penelitiam ini adalah ergonomic function deployment (EFD), metode EFD digunakan untuk membuat rancangan desain yang ergonomis. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan meja pemotongan yang sesuai dengan ukuran tubuh operator.

References

Djumhariyanto, D. (2016). Pengembangan Alat Bantu Jalan (Walker) Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD). Jurnal Flywheel, 7(1), 35–44.
Mardi, T., & Perdana, S. (2018). Analisis Postur Kerja Pada Pembuatan Rumah Boneka Dengan Metode Rapid Entire Body Assessment. Jurnal String, 3(2), 107–118.
Purwaningsih, R., Ayu P, D., & Susanto, N. (2017). Desain Stasiun Kerja Dan Postur Kerja Dengan Menggunakan Analisis Biomekanik Untuk Mengurangi Beban Statis Dan Keluhan Pada Otot. Jurnal Teknik Industri UNDIP, XII(1), 15–22.
Puspitasari, I., & Koekoeh K W, R. (2016). Modifikasi Kursi Penumpang Kereta Api Ekonomi Yang Ergonomis Dengan Metode Ergonomic Function Deployment. Jurnal Rotor, 9(1), 29–34.
Suriadi, & Ketut Adi Atmika, I. (2017). Studi Kenyamanan Kursi Penumpang Mini Bus Angkutan Pariwisata Di Bali Dengan Analisis Ergonomic Function Deployment. Prosiding Konferensi Nasional Engineering Perhotelan VIII, 165–168.
Widodo, L., Aritanti, S., & Aulia Kurniawan, F. (2018). Perancangan Stasiun Kerja Ergonomis Pada Stasiun Kerja Printing CV Karyamitra Lestari. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 6(1), 29–34.
Published
2020-12-25