PENGARUH MOTIVASI KERJA, DISIPLIN KERJA, LINGKUNGAN KERJA DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DAERAH PEMERINTAH KOTA BATAM

  • Kepi Kusumayanti Universitas Riau Kepulauan, Batam
  • Sri Langgeng Ratnasari Universitas Riau Kepulauan, Batam
  • Lukmanul Hakim Universitas Riau Kepulauan, Batam

Abstract

Kinerja Pegawai memiliki peranan yang sangat penting dalam organisasi, karena kinerja Pegawai merupakan hasil akhir dari proses kinerja Pegawai dalam menyelesaikan tugasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi kerja, Disiplin kerja, Lingkungan kerja dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Pemerintah Kota Batam secara parsial dan simultan. Populasi penelitian ini adalah Pegawai Negeri Sipil Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Pemerintah Kota Batam Sebanyak 51 orang. Sampel penelitian ini sama dengan populasi yakni 51 PNS Disperindag Batam. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh atau sensus. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan analisis statistik menggunakan metode Regresi Linear Berganda dengan software SPSS versi 20. Berdasarkan hasil analisis data melalui SPSS, hasil Uji t dapat ditarik kesimpulan Motivasi Kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai, Disiplin kerja berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai, Lingkungan Kerja Tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai, Kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai.

References

Achmad, F. 2018. Pengaruh Motivasi Kerja, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan AJB Bumi Putera, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 54, No. 1, 40.
Ambar, T. S. & Risidah. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Gava Media.
Bintoro. & Daryanto. 2017. Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan, Yogyakarta: Gava Media.
Elvina, W. & Sri Langgeng Ratnasari. 2016. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap. dengan Kinerja Karyawan PT. Citra Pembina Pengangkutan Industri Batam, Jurnal Eksekutif Vol. 13, No. 1, 97.
Fachreza, & Shabri, A. 2018. Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan dan Dampaknya Pada Kinerja Bank Aceh Syariah Di Kota Banda Aceh, Jurnal Magister Manajemen Vol. 2, No. 1, 115-117.
Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Haruddin, H. 2018, Pengaruh Kompetensi, Kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Samsat Polewali Mandar, Jurnal Manajemen Vol. 13, No. 2, 286.
Heny, S. 2015. Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Di Sekretariat DPRD Kabupaten Madiun, Jurnal Jibeka Vol. 9, No. 1, 44-53.
Hery. 2019. Manajemen Kinerja, Jakarta: PT. Grasindo
Husein, U. 2019. Metode Riset Manajemen Perusahaan, Jakarta: PT. Gramedia.
Indah, D. Rahayu. 2017. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Motivasi Kerja (Studi pada Karyawan Tetap Maintenance Departement PT. Badak LNG Bontang, Jurnal Administrasi (JAB) Vol. 43, No. 1, 1-9.
Isyandi. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia, Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Jeli, N. Liyas. 2019. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Kantor Notaris Panam, Jurnal Equilibrium, Vol. 7, No. 1, 40.
Julianti, C. K. & Bernhard, T. 2017. Pengaruh Motivasi Kerja, Gaya Kepemimpinan dan Kemampuan Individu di Rektorat Universitas Sam Ratulangi Manado (Studi Pada Biro Akademik dan Kemahasiswaan), Jurnal Emba Vol. 5, No. 3, 4357.
Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.
Published
2020-12-25